Jumat 23 Jun 2023 15:37 WIB

BUMN Qatar Investasi di Dua Klub NBA

SWF Qatar membeli sekitar lima persen saham perusahaan induk Washington Wizards.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
 Logo NBA (ilustrasi). Dana kekayaan negara atau Sovereign Wealth Fund (SWF) milik pemerintah Qatar membeli sekitar lima persen saham di perusahaan induk klub NBA Washington Wizards.
Foto: AP/Ashley Landis
Logo NBA (ilustrasi). Dana kekayaan negara atau Sovereign Wealth Fund (SWF) milik pemerintah Qatar membeli sekitar lima persen saham di perusahaan induk klub NBA Washington Wizards.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Dana kekayaan negara atau Sovereign Wealth Fund (SWF) milik Pemerintah Qatar membeli sekitar lima persen saham di perusahaan induk klub NBA Washington Wizards, Washington Capitals NHL, dan Washington Mystics WNBA. Pembelian ini sebagai bagian dari kesepakatan 4,05 miliar dolar AS.

Sumber dengan pengetahuan tentang penjualan membocorkan kesepakatan tersebut kepada Associated Press dengan syarat anonim. Kesepakatan resmi antara Otoritas Investasi Qatar dan Monumental Sports & Entertainment belum diumumkan.

Baca Juga

Kesepakatan itu diyakini sebagai yang pertama bagi pemerintah Qatar berinvestasi dalam olahraga profesional Amerika Serikat (AS). Sportico pertama kali melaporkan transaksi tersebut dan melaporkan ini adalah pertama kalinya dana kekayaan negara membeli kepemilikan tim AS.

Langkah ini bukan pengeluaran besar pertama Qatar dalam bidang olahraga. Negara Timur Tengah tahun lalu menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola untuk pertama kalinya, membantu FIFA mencapai rekor tingkat pendapatan karena penjualan tiket dan perhotelan yang meroket.

Qatar Sports Investments yang merupakan anak perusahaan dari dana yang dikelola negara telah memiliki kendali mayoritas klub sepak bola Prancis Paris Saint-Germain sejak 2011. Grup yang sama setuju untuk membeli 22 persen saham di klub Portugal Braga pada Oktober lalu.

Masuk ke pasar AS teratas, bahkan sebagai mitra minoritas, merupakan perluasan lebih lanjut dari jangkauan Qatar ke dunia olahraga. Juru bicara NBA Mike Bass mengatakan, Board of Governors memutuskan pada November untuk mengizinkan investasi minoritas pasif, non-pengendali, dalam tim NBA oleh investor institusional.

Kategori tersebut termasuk sumbangan universitas, dana pensiun asing dan domestik, serta dana kekayaan negara. Semua investasi yang sesuai dengan tagihan itu memerlukan tinjauan liga dan persetujuan Dewan NBA.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement