Ahad 25 Jun 2023 14:58 WIB

UEA Beri Ampunan Lebih dari 2.000 Narapidana Saat Idul Adha

UEA mengampuni para tahanan setiap tahun menjelang Ramadhan dan Idul Adha.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Fuji Pratiwi
 Bendera UEA berkibar setengah tiang di Museum Etihad (Union).
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Bendera UEA berkibar setengah tiang di Museum Etihad (Union).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Penguasa Uni Emirat Arab (UEA) akan mengampuni lebih dari 2.000 tahanan menjelang Idul Adha, Kantor berita negara WAM melaporkan pada Jumat (23/6/2023).

Dilansir Al Arabiya, Presiden Emirat Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memerintahkan pembebasan hampir 1.000 tahanan menjelang perayaan hari raya umat Islam tersebut. "Pengampunan Presiden sejalan dengan inisiatif kemanusiaan UEA yang didasarkan pada nilai-nilai pengampunan dan toleransi," tulis WAM.

Baca Juga

Sejumlah penguasa Emirat lainnya juga mengampuni para tahanan menjelang perayaan Idul Adha. Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Makhtoum, membebaskan 650 tahanan dari berbagai negara dari penjara Dubai.

"Perintah Sheikh Mohammed datang sebagai bagian dari keinginannya untuk membawa kebahagiaan bagi keluarga para tahanan dan memberi mereka kesempatan untuk memulai hidup baru dan berintegrasi kembali ke dalam masyarakat," tulis WAM pada Kamis mengutip Jaksa Agung Dubai Essam Issa al-Humaidan.

Penguasa Fujairah Sheikh Hamad bin Mohammed memerintahkan pembebasan lebih dari 100 tahanan, seperti halnya penguasa Ras Al Khaimah Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi yang mengampuni sekitar 350 tahanan dan Sheikh Humaid bin Rashid Al Nuaimi, penguasa Ajman, yang mengumumkan pembebasan 166 tahanan, kata WAM dalam laporan terpisah pekan ini.

Syekh Saud bin Rashid Al Mualla, penguasa Umm al Qaiwain, juga mengampuni sejumlah tahanan pada Kamis lalu. Uni Emirat Arab mengampuni para tahanan setiap tahun menjelang Ramadhan dan Idul Adha.

Penduduk di UEA dan Arab Saudi akan menikmati liburan panjang untuk menandai festival suci Hari Raya Qurban, mulai 27 Juni hingga 30 Juni. Mereka yang berada di Arab Saudi akan mendapatkan tambahan libur akhir pekan selama dua hari, sehingga memperpanjang liburan mereka hingga Ahad, 2 Juli ini.

Hari Raya Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, negara Arab di Jazirah Arab akan merayakan hari ini, pada tanggal 28 Juni. Ini adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia dan bertepatan dengan ritual terakhir dari ibadah haji tahunan di Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement