Senin 26 Jun 2023 12:06 WIB

PM India Lakukan Kunjungan ke Mesir Pertama Kali

Modi adalah perdana menteri India pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Narendra Modi adalah perdana menteri India pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesir
Foto: AP
Narendra Modi adalah perdana menteri India pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi menganugerahi Perdana Menteri India Narendra Modi dengan penghargaan tertinggi Mesir pada Ahad (25/6/2023). Kedua negara pun semakin mempererat kemitraannya.

Modi adalah perdana menteri India pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesir dalam lebih dari dua dekade pada Sabtu (24/6/2023). Perhentian dua harinya terjadi enam bulan setelah el-Sissi berada di New Delhi sebagai tamu resmi di parade Hari Republik India.

Baca Juga

El-Sissi menyambut Modi di istana kepresidenan di Kairo dengan Order of the Nile. Para pemimpin menandatangani deklarasi yang mengangkat hubungan Mesir-Indo menjadi "kemitraan strategis". Kesepakatan ini berarti kedua negara sepakat untuk mengintensifkan kerja sama dan mengadakan pembicaraan berkala.

Mesir dan India memiliki hubungan yang erat sejak 1950-an, ketika memainkan peran kunci dalam mendirikan Gerakan Non-Blok, yang mencari jalan alternatif di puncak Perang Dingin. Hubungan ini dipererat dengan undangan Modi kepada pemimpin Mesir itu untuk menghadiri pertemuan puncak G20 yang akan diselenggarakan India pada September.

Setelah pembicaraan dengan el-Sissi, Modi mengunjungi Piramida Giza yang terkenal dan masjid bersejarah Al-Hakim Kairo. Masjid tersebut baru-baru ini direnovasi dengan bantuan komunitas Dawoodi Bohra yang berbasis di India. Modi juga memberikan penghormatan kepada tentara India yang tewas dalam Perang Dunia I dan dimakamkan di Pemakaman Perang Heliopolis di Kairo.

Perjalanan Modi ke Mesir berfokus pada penguatan hubungan bilateral. Perdana menteri mengatakan, kedua negara telah bergerak cepat untuk meningkatkan perdagangan bilateral menjadi 12 miliar dolar AS per tahun dalam lima tahun.

“Kunjungan saya ke Mesir adalah kunjungan bersejarah. Itu akan menambah semangat baru bagi hubungan India-Mesir dan akan bermanfaat bagi rakyat negara kita,” tulis Modi di Twitter sebelum berangkat ke New Delhi.

Pertukaran perdagangan antara kedua negara mencapai enam miliar dolar AS pada tahun lalu. Menurut biro statistik Mesir, jumlah ini meningkat 13,7 persen dari 5,3 miliar dolar AS pada 2021.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi mengatakan, kedua pemerintah juga menandatangani perjanjian di bidang pertanian, arkeologi, barang antik, dan undang-undang persaingan.  Awal tahun ini, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan.

Negara terpadat di dunia ini adalah salah satu dari lima importir produk Mesir teratas, termasuk minyak mentah dan gas alam cair, garam, kapas, bahan kimia anorganik, dan biji minyak. Ekspor utama India ke Mesir termasuk benang kapas, kopi, jamu, tembakau, lentil, suku cadang kendaraan, kapal, perahu, dan mesin listrik.

El-Sissi dan Modi dalam beberapa tahun terakhir menjalin hubungan yang lebih dekat. Selama 16 bulan terakhir, mereka melawan tekanan dari Barat untuk mengutuk perang Rusia di Ukraina. Baik Mesir maupun India memiliki hubungan puluhan tahun dengan Istana Kremlin.

Meski menjalin hubungan akrab dengan Rusia, Modi mengunjungi Amerika Serikat (AS) sebelum perjalanan ke Mesir. Dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Joe Biden dan pejabat tinggi pemerintahan, berpidato di depan Kongres dan bertemu dengan para eksekutif tinggi AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement