Senin 26 Jun 2023 14:55 WIB

Keluarga Korban 'Saksikan' Tragedi Kapal Selam Titanic

Keluarga korban kapal selam sedang berada di kapal induknya ketika tragedi terjadi

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic
Foto: AP
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keluarga korban kapal selam OceanGate sedang berada di kapal induknya ketika tragedi itu terjadi. Suleman Dawood (19 tahun) dan ayahnya Shahzada termasuk di antara lima penumpang kapal selam yang meninggal dalam ledakan dahsyat saat kapal menuju ke bangkai kapal di Samudra Atlantik pada pekan lalu.

Christine Dawood dan putrinya Alina (17 tahun) berada di Polar Prince, kapal induk ketika kapal selam OceanGate kehilangan komunikasi dan tidak pernah terdengar lagi kabarnya. Sementara itu, Youtuber populer James Donaldson yang dikenal sebagai MrBeast mengungkapkan dia diundang dalam tur ekspedisi Titanic OceanGate.

Baca Juga

“Saya diundang awal bulan ini untuk naik kapal selam. Lalu saya bilang tidak. Agak menakutkan bahwa saya bisa berada di dalamnya,” katanya, dilansir Independent, Senin (26/6/2023).

Penjaga Pantai mengumumkan puing-puing dari kapal selam terletak sekitar 12.500 kaki atau 3.810 meter di bawah air dan 1.600 kaki dari reruntuhan Titanic. Kapal selam OceanGate Expeditions sedang menuju reruntuhan ketika kehilangan komunikasi dengan kapal permukaannya dan akhirnya mendelak (implotion) karena tekanan laut dalam pada 18 Juni.

Selain ayah dan putra, korban lain adalah penyelam miliarder Prancis. Dia dilaporkan menghabiskan dua dekade bekerja dengan sebuah perusahaan yang memiliki hak tunggal untuk mengambil dan menampilkan artefak dari situs bangkai kapal Titanic.

Paul-Henri Nargeolet merupakan penyelam Titanic paling produktif dalam sejarah. Dia memimpin lima ekspedisi untuk perusahaan penyelamatan swasta RMS Titanic Inc untuk mengumpulkan lebih dari 5.000 artefak dari bangkai kapal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement