Kamis 29 Jun 2023 13:18 WIB

Turki Sebar Distribusi Kurban di Afrika

5.750 sapi disembelih di 11 lokasi di Uganda dan dibagikan kepada yang membutuhkan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Seorang penjual (kiri) berbicara dengan klien untuk mendapatkan persetujuan atas seekor anak sapi di pasar terbuka pada Festival Kurban di Istanbul, Turki, Selasa, (27/6/2023).
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Seorang penjual (kiri) berbicara dengan klien untuk mendapatkan persetujuan atas seekor anak sapi di pasar terbuka pada Festival Kurban di Istanbul, Turki, Selasa, (27/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Badan amal Turki membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi jutaan Muslim di seluruh benua Afrika pada Rabu (28/6/2023). Lembaga Turkiye Diyanet Vakfi (TDV) menyediakan daging untuk digunakan dalam merayakan Idul Adha.

Koordinator TDV Ilyas Bulut mengatakan, 5.750 sapi akan disembelih di 11 lokasi di Uganda dan dibagikan kepada yang membutuhkan. Daging tersebut akan dikemas dan dibagikan kepada yang membutuhkan dengan bantuan para pemimpin masjid.

Baca Juga

Bulut mengatakan, organisasinya juga akan menjangkau fasilitas layanan pemasyarakatan. Mantan duta besar Turki untuk Uganda Fikret Kerem Alp memimpin delegasi untuk mengantarkan sumbangan dari Muslim Turki untuk membantu keluarga di Uganda.

“Saya bertugas di sini selama empat tahun dan sekarang pada kesempatan Idul Adha, saya kembali untuk merayakan perayaan dan membantu orang-orang Uganda. Saya berharap dapat mengundang lebih banyak orang dermawan untuk datang dan membantu saudara-saudari kita,” kata Alp dikutip dari Anadolu Agency.

Duta Besar Turki  Mehmet Fatih Ak menekankan pentingnya solidaritas dan membahagiakan mereka yang membutuhkan. “Ini adalah hari yang sangat penting, tidak hanya bagi kita, tetapi juga bagi umat manusia untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang pengorbanan yang kita lakukan demi kebaikan semua orang. Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk meminta lebih banyak pengorbanan saat kita menyatukan upaya kita untuk memerangi kemiskinan dan menjaga perdamaian,” katanya.

Direktur eksekutif  badan kemanusiaan Yayasan Zumar Osman Mohamed Ahmed mengatakan, pihaknya menyembelih lebih dari 300 sapi untuk mereka yang membutuhkan di sekitar ibu kota negara di Kampala. Banyak penerima manfaat mengucapkan terima kasih kepada warga Turki atas daging kurban yang disalurkan.

“Ekonomi tidak menguntungkan, saya tidak akan mampu membeli daging untuk hari ini, semoga Allah memberkati para donatur Turki,” kata salah satu warga Kzaabu Asia.

Diyanet juga mendistribusikan Kurban antara lain di Afrika Selatan, Nigeria, Burundi dan Chad. “Kami menyebarkan kegembiraan Idul Fitri ke seluruh penjuru dunia di bawah pengawasan pejabat dan relawan kami di Burundi, Chad, Nigeria, dan Togo, kami terus menyembelih Qurban yang dipercayakan kepada Yayasan kami oleh bangsa kami,” ujar keterangan TDV di Twitter.

Sedangkan Bulan Sabit Merah Turki di Sudan Selatan membantu 600 keluarga pengungsi di ibu kota negara Juba dengan mendistribusikan lebih dari 600 kilogram daging. Duta Besar Turki Erdem Mutaf mengatakan, lembaga bantuan Turki dan Bulan Sabit Merah Turki akan menyembelih dan mendistribusikan daging dari 1.500 hingga 2.000 ekor sapi.

“Kami memiliki lembaga masyarakat Turki yang datang dari Turki untuk mengorbankan hewan dan mendistribusikan daging ke Sudan Selatan di seluruh negeri,” kata Mutaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement