Kamis 29 Jun 2023 16:29 WIB

Sebanyak 1.384 WNI Ikuti Sholat Idul Adha 1444 H di KBRI Bangkok

Antusiasme WNI melaksanakan Shalat Idul Adha di KBRI Bangkok tetap tinggi

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Sebanyak 1.384 orang warga negara Indonesia  di Bangkok dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok.
Foto: KBRI Bangkok
Sebanyak 1.384 orang warga negara Indonesia di Bangkok dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Sebanyak 1.384 orang warga negara Indonesia  di Bangkok dan sekitarnya melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Meskipun digelar pada hari kerja di Thailand, antusiasme masyarakat Indonesia melaksanakan Shalat Idul Adha di KBRI Bangkok tetap tinggi.

Dikutip dalam siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand yang Republika terima, Kamis (29/6/2023) shalat Idul Adha kali ini tidak hanya dihadiri warga negara Indonesia yang tinggal di Bangkok dan kota-kota disekitarnya saja, melainkan juga diikuti oleh masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke Thailand. Imam shalat Idul Adha 1444 H kali ini adalah Ustadz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Daarul Aman Bangkok.

Sedangkan Khotib adalah Ustadz Habib Sayid Akhmad Auliya Faturahman Al Bahasyim dengan Bilal yaitu Ustadz Asep Saepuddin Muhajir, Guru Pelajaran Agama Islam pada Sekolah Indonesia Bangkok.

Mengambil tema “Ibadah Qurban, cerminan keikhlasan dan ketaatan dalam bingkai solidaritas kemanusiaan." Ustadz Habib menggarisbawahi makna utama dari kejadian penyembelihan Nabi Ismail oleh ayah tercintanya Nabi Ibrahim yaitu perlunya umat Islam memiliki totalitas iman dan takwa kepada Allah swt di atas kecintaan terhadap apapun yang dimiliki, mengenai kemuliaan nyawa manusia dimana Nabi Ismail diganti dengan domba oleh Allah swt, dan hakikat pengorbanan dalam wujud harta, benda, fikiran dan waktu.

Ia juga menyampaikan ibadah Qurban mengajarkan umat Islam mengenai pentingnya solidaritas kemanusiaan dengan saling memberi selain kesolehan yang tinggi kepada Allah swt. Selesai shalat Idul Adha, masyarakat Indonesia berswafoto ria dan berbincang ringan di beberapa sudut lapangan sepak bola KBRI Bangkok.

Masyarakat Indonesia juga berkesempatan menikmati makanan ringan nusantara seperti risoles dan arem-arem sebagai pelepas rindu terhadap makanan ringan Tanah Air.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha seperti ini menjadi salah satu momen yang berharga bagi  masyarakat Indonesia di rantau Thailand. Masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa Indonesia di Thailand selalu menunggu-nunggu momen seperti ini, karena dapat melepaskan rasa rindu suasana lebaran Idul Qurban ala Indonesia di negeri Gajah Putih tersebut sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Pada perayaan Idul Adha tahun 2023, Mesjid Assafier KBRI Bangkok telah memfasilitasi warga negara Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah Qurban yaitu berupa pemotongan satu ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban tidak dilaksanakan di lingkungan KBRI Bangkok, melainkan di wilayah Minburi, Thailand. Adapun daging Qurban tersebut diberikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, dan fisabilillah di daerah Minburi, Bangkok Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement