Ahad 02 Jul 2023 19:15 WIB

Nahel, Remaja Prancis Ditembak Mati di Mobil Rental 

Kendaraan yang dipakai Nahel berpelat nomor Polandia.

Mobil terbakar setelah demo untuk Nahel di Nanterre, Paris.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Mobil terbakar setelah demo untuk Nahel di Nanterre, Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Jaksa mulai menyatukan kepingan-kepingan kronologi apa yang terjadi sebelum penembakan pada Nahel M. Selasa (27/6/2023) lalu, polisi menembak mati remaja berusia 17 tahun keturunan Aljazair dan Maroko itu yang kemudian memicu kerusuhan di Prancis. 

Setelah mendapatkan informasi dari saksi mata dan rekaman CCTV, jaksa menyatakan, Nahel yang mengendarai mobil mengabaikan perintah polisi untuk menghentikan kendaraannya. Potongan lain diunggah daring oleh remaja lain yang ada di dalam mobil itu. 

Media Prancis menyatakan telah memverifikasinya, tetapi BBC, Ahad (1/7/2023), menyatakan belum memverifikasi. Melalui akun ini, remaja itu menyatakan, polisi memukul Nahel dengan ujung senjata mereka sebanyak tiga kali. Jaksa akan meminta keterangan darinya, Senin ini.

Jaksa Nanterre, Pascal Prache, mengungkapkan, pada Selasa sekitar pukul 08.00, dua polisi yang berpatroli dengan sepeda motor melihat sebuah mobil Mercedes dengan pelat nomor Polandia yang disopiri Nahel melaju cepat di jalur bis

Lalu, mereka mengejar Mercedes dengan membunyikan sirene, berhasil menyusulnya di sebuah lampu lalu lintas. Terdapat tiga remaja laki-laki di dalamnya, termasuk Nahel. Polisi meminta Nahel menghentikan mobilnya, tetapi diabaikan dan ia tetap melaju, menerebas lampu merah. 

Polisi kemudian mengejarnya dan menyampaikan pemberitahuan atas kejadian ini kepada unit lainnya melalui sambungan radio. Pada pukul 08.16, laju Mercedes teradang kemacetan lalu lintas. Kedua polisi itu akhirnya bisa kembali menyusulnya. 

Mereka turun dari sepeda motor masing-masing, mengeluarkan senjata melangkah mendekati mobil. ‘’Mereka menyatakan kepada jaksa, menodongkan senjata kepada pengemudi mobil dengan tujuan tak lagi melajukan kembali kendaraannya seperti sebelumnya.’’

Mereka meminta pengemudi mobil mematikan kendaraan dan mencabut kunci kendaraan. Namun, mobil masih bergerak. Salah satu polisi melepaskan tembakan yang menyebabkan luka fatal di bagian dada remaja yang mengemukan mobil itu. 

Setelah kendaraan berada di sisi jalan yang berbarikade, salah satu penumpang ditangkap dan satu lainnya melarikan diri.

Menurut saksi yang menyampaikan keterangan melalui daring, tiga remaja di dalam Mercedes berputar-putar sekitar Nanterre ketika mobil masuk ke lajur bus dan dikejar dua polisi dengan sepeda motor yang mereka kendarai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement