Senin 03 Jul 2023 16:03 WIB

Cina Laporkan Banjir Terburuk dalam 50 Tahun

Cina melaporkan 9,8 hari berturut-turut ketika mencatat rekor suhu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Daerah Zhenba, Provinsi Shaanxi, Cina melaporkan banjir terburuk dalam 50 tahun.
Foto: AP
Daerah Zhenba, Provinsi Shaanxi, Cina melaporkan banjir terburuk dalam 50 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING --  Daerah Zhenba, Provinsi Shaanxi, Cina, melaporkan banjir terburuk dalam 50 tahun. Banjir telah menghanyutkan jalan dan merusak rumah. Sejauh ini belum ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

Sebelas provinsi atau sekitar setengah dari daratan Cina diperkirakan akan menerima hujan lebat dalam beberapa hari mendatang, terutama di bagian selatan yang lembap. Beijing melaporkan 9,8 hari berturut-turut ketika mencatat rekor suhu melebihi 35 derajat Celsius.

Rekor seperti itu terakhir kali tercatat pada 1961 atau puluhan tahun sebelum sebagian besar penduduk Beijing memiliki AC dan kipas angin. Kurangnya curah hujan berkontribusi terhadap gelombang panas.

Suhu pada Senin (3/7/2023) diperkirakan mencapai 33 derajat Celsius. Suhu diperkirakan akan naik lagi pekan ini hingga 39,6 derajat Celsius di Beijing dan wilayah Cina lainnya. Pada 2021, lebih dari 300 orang meninggal di Provinsi Henan.  Rekor curah hujan lebat menggenangi ibu kota Provinsi Zhengzhou pada 20 Juli 2021, sehingga mengubah jalan menjadi sungai yang deras dan membanjiri setidaknya sebagian dari jalur kereta bawah tanah.

Banjir terburuk Cina terjadi pada tahun 1998 yang menewaskan 4.150 orang,  sebagian besar di sepanjang Sungai Yangtze.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement