Jumat 07 Jul 2023 10:39 WIB

Garda Revolusi Iran Patroli BBM Selundupan di Teluk Persia

Iran selama ini berupaya keras menangani penyelundupan BBM.

Kapal cepat Garda Revolusi Iran mengelilingi tanker minyak berbendera Inggris Stena Impero pada Ahad, 21 Juli 2019 di Bandar Abbas.
Foto: Morteza Akhoondi/Tasnim News Agency via AP
Kapal cepat Garda Revolusi Iran mengelilingi tanker minyak berbendera Inggris Stena Impero pada Ahad, 21 Juli 2019 di Bandar Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Garda Revolusi Iran menahan sebuah kapal tanker yang memuat 900 metrik ton BBM selundupan dan 12 kru kapal. Menurut kantor berita semi resmi Iran, Fars, Jumat (7/7/2023) penahanan dilakukan merujuk surat perintah pengadilan. 

‘’Sebuah kapal yang membawa 900 ton bahan bakar selundupan dengan 12 krunya, ditahan kapal patroli Garda Revolusi Iran di Teluk Persia berdasarkan perintah pengadilan,’’ demikian dilaporkan Fars dari pelabuhan bagian selatan Iran, Bandar Abbas. 

Tak ada keterangan lebih perinci lainnya mengenai penahanan kapal, termasuk nama kapal dan berbendara mana kapal yang memuat BBM selundupan itu. 

Iran, negara yang memiliki harga BBM termurah di dunia karena subsidi yang besar dan kini menghadapi melemahnya nilai tukar mata uangnya, selama ini berupaya keras menangani penyelundupan BBM baik melalui jalur darat ke beberapa negara tetangga. 

Penyelundupan lewat jalur laut juga dicoba dicegah, yang biasanya mengarah ke negara-negara Teluk. 

Ambrey, perusahaan keamanan maritim Inggris pada Kamis, mengungkapkan mengenai upaya penahanan sebuah tanker berukuran kecil Tanzania oleh pasukan Iran. Jaraknya sekitar 59 mil atau 110 km timur laut Dammam, kota pelabuhan Arab Saudi. 

‘’Iran secara reguler mengadang tanker berukuran kecil yang dicurigai melakukan penyelundupan BBM,’’ ungkap Ambrey seperti dikutip laman berita Aljazirah

Terus memantau situasi....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement