Sabtu 08 Jul 2023 12:13 WIB

Soal Bom Tandan, Biden Dikritik Rekan Sendiri di Partai Demokrat

Ilhan menyatakan, AS mestinya tak ikut serta dalam penggalaran HAM.

Presiden AS Joe Biden
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Kritik mengemuka setelah AS memutuskan mengirimkan bom tandan ke Ukraina. Diyakini akan banyak korban akibat senjata ini. Cluster Munition Monitor menyatakan, 149 warga sipil dunia meninggal atau terluka akibat senjata ini pada 2021.

Paul Hannon, wakil ketua International Campaign to Ban Landmines and Cluster Munition Coalition Governance Board, mengatakan keputusan  pemerintahan Presiden Joe Biden mengirim bom tandan akan berkontribusi pada jatuhnya korban yang mengerikan. 

Ini dialami Ukraina saat ini maupun masa mendatang. ‘’Penggunaan bom tandan oleh Rusia dan Ukraina menambah kontaminasi yang saat ini sudah terjadi baik oleh bahan peledak maupun ladang ranjau,’’kata Hannon, Jumat (7/7/2023) seperti dilansir Guardian

Biden juga mendapatkan kritik dari rekannya sendiri di Partai Demokrat, anggota Kongres Ilhan Omar. Ia salah satu yang akan memimpin amendemen National Defense Authorization Act yang mearang penjuangan bom tandan. 

‘’Kita harus jelas, jika AS hendak menjadi yang terdepan dalam isu HAM, kita mestinya tak ikut serta dalam pelanggaran HAM,’’ kata Ilhan. Ia menambahkan, AS bisa mendukung perjuangan rakyat Ukaraina sekaligus menentang pelanggaran terhadap hukum internasional.

‘’Faktanya, nanti korban tak berdosa bom tandan hampir pasti adalah warga Ukraina. Alih-alih berhubungan dengan bom tanda, kita dengan kekuatan yang dimiliki seharusnya mengakhiri penggunaan bom tandan ini,’’ kata Ilhan menegaskan. 

 

Anggota Kongres lainnya, Betty McCollum menilai tindakan pemerintahan Biden sebagai ‘’hal yang tak perlu dan kesalahan mengerikan.’’ Seharunsya, kata dia, senjata tersebut dihapuskan dari stok senjata AS bukan digunakan di Ukraina.

AS terakhir kali....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement