Ahad 09 Jul 2023 11:35 WIB

Enam Orang Tewas di Kecelakaan Jet Pribadi di Luar Los Angeles

Semua penumpang dan pilot yang meninggal dalam kecelakaan tersebut

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Keenam orang yang berada di dalam sebuah pesawat jet kecil pribadi tewas ketika pesawat tersebut jatuh dan terbakar
Foto: AP
Keenam orang yang berada di dalam sebuah pesawat jet kecil pribadi tewas ketika pesawat tersebut jatuh dan terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Keenam orang yang berada di dalam sebuah pesawat jet kecil pribadi tewas ketika pesawat tersebut jatuh dan terbakar di sebuah lapangan dekat bandara di dekat Los Angeles pada Sabtu (7/7/2023), kata pihak berwenang setempat dan federal.

Pesawat tersebut, merupakan sebuah jet bisnis Cessna C550, sedang dalam perjalanan dari Las Vegas dan jatuh di dekat Bandara French Valley di Riverside County, sekitar 85 mil (137 km) selatan Los Angeles, sekitar pukul 4:15 pagi, kata Administrasi Penerbangan Federal dalam sebuah pernyataan.

Semua penumpang dan pilot yang meninggal adalah orang dewasa, kata Elliott Simpson, seorang penyelidik penerbangan untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, dalam sebuah konferensi pers.

"Pesawat milik pribadi tersebut jatuh 300 kaki dari landasan pacu di bandara kecil tersebut, setelah mencoba melakukan pendaratan instrumen saat fenomena cuaca lapisan laut terjadi di daerah tersebut," kata Simpson.

Kondisi tersebut tampaknya telah memenuhi standar minimum untuk pendaratan di bandara, katanya. Beberapa hari sebelumnya, pada tanggal 4 Juli, sebuah pesawat kecil dengan empat penumpang jatuh di dekat bandara yang sama, menewaskan pilot dewasa dan melukai tiga remaja, kata pihak berwenang.

"Dalam insiden hari Sabtu, api melalap seluruh bagian pesawat kecuali ekor pesawat setelah jatuh," kata Simpson.

Video udara dari media lokal menunjukkan puing-puing yang terbakar dalam bentuk pesawat kecil di bagian yang menghitam di sebuah lapangan di seberang jalan dari lapangan terbang.

Data radar dari situs web pelacakan penerbangan FlightAware menunjukkan hanya ada satu jet bisnis yang melakukan perjalanan dari Las Vegas ke French Valley pada saat itu. Pesawat itu berputar-putar sekali di dekat lapangan sebelum turun.

Kantor sheriff di Riverside County, di mana Bandara French Valley berada, mengatakan para petugas yang menanggapi kecelakaan itu menemukan sebuah pesawat yang sepenuhnya dilalap api di sebuah lapangan dan enam penumpang dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan terus menyelidiki kecelakaan tersebut, dengan hasil yang diharapkan dalam dua minggu ke depan, kata Simpson. Dia tidak merilis nama-nama korban yang meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement