Senin 10 Jul 2023 08:04 WIB

Biden dan NATO Hanya Tawarkan Dukungan Bukan Keanggotaan ke Ukraina

Tujuan pertemuan NATO untuk menunjukkan solidaritas dukungan ke Ukraina

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bendera finlandia di antara bendera negara anggota NATO.
Foto: EPA-EFE/JOHANNA GERON / POOL
Bendera finlandia di antara bendera negara anggota NATO.

REPUBLIKA.CO.ID, STANSTED -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Inggris untuk memulai kunjungan tiga negara yang akan didominasi pertemuan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Lithuania. Tujuan pertemuan NATO untuk menunjukkan solidaritas dukungan ke Ukraina dalam melawan invasi Rusia tapi belum menerima Kiev sebagai negara anggota.

Namun tantangan yang menempa solidaritas 31 negara anggota NATO tersorot dalam sambungan telepon Biden dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan sebelum pertemuan di Lithuania pekan ini. Bergabungnya Swedia dengan aliansi pertahanan Eropa masih menjadi titik perdebatan.

Baca Juga

Pada Senin (10/7/2023) Biden mendarat di Bandara Stansted Airport dan naik helikopter Marine One menuju pusat Kota London di mana ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Rishi Sunak di 10 Downing Street. Ia kemudian akan berkunjung ke Windsor Castle untuk mengunjungi Raja Charles.

Diperkirakan ia akan membahas inisiatif perubahan iklim dengan Charles. Memberi Biden pemahaman yang lebih jelas mengenai raja yang menggantikan ibunya Ratu Elizabeth yang meninggal dunia bulan September tahun lalu.

Biden pernah minum teh dengan Elizabeth di Windsor Castle pada Juni 2021. Mereka membahas isu-isu yang masih menjadi prioritas hingga saat ini seperti Rusia dan Cina.  

Biden kemudian akan berkunjung ke Vilnius, Lithuania pada Senin malam dan bertemu pemimpin-pemimpin NATO pada Selasa (11/7/2023) dan Rabu (12/7/2023). Biden dan sekutu-sekutu NATO akan menunjukkan dukungan pada solidaritas pada Ukraina dan memberi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky petunjuk apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keanggotaan NATO di masa depan.

Dalam wawancaranya dengan CNN sebelum berangkat, Biden mendesak kehati-hatian untuk mendorong Ukraina bergabung dengan NATO. Ia mengatakan aliansi pertahanan itu dapat terseret dalam perang dengan Rusia karena pakta pertahanan bersama NATO.

"Saat ini saya kira tidak ada kebulatan suara di NATO mengenai membawa Ukraina ke keluarga NATO atau tidak, pada saat ini, di tengah perang," kata Biden.

Zelenskyy mengatakan undangan untuk Ukraina bergabung dengan NATO akan memberi pesan aliansi pertahanan Barat itu tidak takut dengan Moskow. Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi ABC, Ahad (9/7/2023) Zelenskyy mengatakan salah satu tujuannya di Vilnius adalah jaminan keamanan yang jelas selama Ukraina bukan bagian dari NATO.

"Saya akan berada di sana dan melakukan apa pun yang bisa saya lakukan untuk, boleh dikatakan, mempercepat solusi, untuk mendapatkan kesepakatan dengan mitra-mitra kami," kata Zelenskyy.

Isu Turki dan Hungaria menghalangi Swedia bergabung dengan NATO akan menjadi salah satu agenda di Vilnius. Anggota baru harus disetujui semua negara anggota NATO.

Biden membahas bergabungnya Swedia ke NATO dalam pembicaraannya dengan Erdogan. "(Biden) menyampaikan keinginannya untuk menyambut Swedia ke NATO secepatnya," kata Gedung Putih dalam pernyataan Ahad.

Sementara itu Turki mengatakan dalam percakapan itu Erdogan memberitahu Biden, Swedia harus berbuat lebih banyak untuk menahan pendukung Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang dianggap sebagai kelompok teroris yang terus menggelar unjuk rasa di Swedia.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement