Senin 10 Jul 2023 10:17 WIB

Tak Terbayang 20 Tahun Lalu, Kini Kasus Sifilis Dunia Melonjak 

Dalam beberapa dekade terakhir, mayoritas kasus sifilis menjangkiti gay, biseksual.

Bakteri sifilis bisa menyebabkan infeksi otak.
Foto:

 ‘’Bahkan di klinik kesehatan di pusat kota,’’ ungkap Crossman. Namun sekarang, sebagian besar klinik di kota akan mendapati kunjungan minimal dua atau tiga pasien per hari untuk melakukan perawatan. Kasus sifilis di Inggris naik 8,4 persen antara 2020 dan 2021. 

Kanada mengalami kenaikan 389 persen kasus sifilis dibandingkan STI lainnya antara 2011 dan 2019. Para dokter di Mississippi, AS juga melaporkan sifilis yang ditularkan ke anak saat ibu hamil mencatat rekor melebihi 900 persen dalam lima tahun terakhir. 

Dalam beberapa dekade terakhir, mayoritas kasus sifilis menjangkiti gay, biseksual, dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Di beberapa negara, jumlah kasus sifilis di kalangan laki-laki menurun, misalnya di Kanada. 

Pada saat yang sama, peningkatan kasus terjadi di kalangan perempuan, tak hanya di Kanada tetapi juga secara global. Ini memicu kasus congenital syphilis grafisnya terus menanjak di banyak negara, termasuk Kanada dan AS. 

Maka, bayi yang lahir mengidap sifilis di Kanada angkanya lebih tinggi dibandingkan di AS atau Eropa. Para pakar kesehatan menyatakan kondisi ini didorong meningkatnya penggunaan methamphetamine dan kurangnya akses kesehatan bagi orang-orang pribumi. 

Health Canada mengungkapkan, insiden bayi yang lahi mengidap sifilis mencapai 26 per 100 ribu angka kelahiran pada 2021, naik tajam dari hanya 2 per 100 ribu pada 2017. Pada 2022, diperkirakan jumlahnya semakin banyak. 

WHO menyatakan, bayi yang lahir terkait congenital syphilis mempunyai risiko mengalami berat badan rendah, bentuk tulang yang tak normal, dan gangguan dalam sensorik. Sifilis pada ibu mengandung juga menjadi penyebab kedua terbesar kematian bayi yang dilahirkan. 

Congenital syphilis akan lebih mudah diatasi jika ibu mengandung yang mengidap sifilis memperoleh akses penisilin selama masa kehamilannya.

Di antara negara-negara G-7, hanya AS yang memiliki insiden lebih tinggi sifilis pada ibu melahirkan, yaitu 74 per 100 ribu kelahiran pada 2021. Tiga kali lipat dibandingkan 2017. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement