Senin 10 Jul 2023 12:38 WIB

Pertama Kali Transgender Jadi Juara Miss Universe Belanda

Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Belanda 2023

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda
Foto: Instagram
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda 2023 pada Sabtu (8/7/2023). Dia menjadi transpuan atau perempuan transgender pertama yang meraih gelar tersebut.

Setelah memenangkan kontes tersebut, Kolle akan maju untuk mewakili Belanda di kontes Miss Universe yang akan berlangsung di El Salvador akhir tahun ini. Dikutip dari NPR, dia akan menjadi transpuan pertama yang bersaing memperebutkan mahkota Miss Universe mewakili Belanda.

Tapi, Kolle bukan sosok pertama yang mengikuti kontes serupa di dunia. Sebelumnya Angela Ponce menjadi kontestan transgender pertama dalam kontes Miss Universe. Ponce mewakili Spanyol pada 2018 setelah meraih gelar Miss Spanyol. Hanya saja, Ponce tidak berhasil memenangkan mahkota kontes kecantikan tersebut.

Kompetisi berusia 71 tahun ini pertama kali mengizinkan kontestan transgender pada 2012. Namun, baru Ponce dan kini Kolle yang berhasil masuk dalam kontes kecantikan tingkat internasional itu.

Tapi, untuk konteks dalam lingkup domestik, beberapa tahun belakangan transpuan mulai ikut terlibat kontes kecantikan. Pada 2021, mantan Miss Nevada Kataluna Enriquez menjadi kontestan trans pertama dalam kontes Miss USA.

Sedangkan transpuan dan aktivis Daniela Arroyo Gonzalez akan bersaing untuk gelar Miss Universe Puerto Rico tahun ini pada bulan depan. Aktivis yang juga transgender Thailand Anne Jakrajutatip membeli hak Organisasi Miss Universe tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement