Rabu 12 Jul 2023 06:10 WIB

Kontroversi Miss Belanda 2023, Transgender Kalahkan Perempuan Cantik

Kemenangan Rikkie Kolle atas Nathalie Yasmin jadi bahan olokan di lini masa Twitter.

Membandingkan pemenang Miss Netherland 2023, Rikkie Valerie Kolle dan runner up, Nathalie Yasmin Mogbelzada.
Foto: Istimewa
Membandingkan pemenang Miss Netherland 2023, Rikkie Valerie Kolle dan runner up, Nathalie Yasmin Mogbelzada.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pemilihan Miss Belanda 2023 memicu kontroversi. Hal itu setelah panitia memilih Rikkie Valerie Kolle (22 tahun) sebagai pemenang dari 10 orang finalis. Rikkie merupakan satu-satunya transgender, yang mengalahkan sembilan finalis perempuan. Kolle pun membagikan foto kemenangannya di Instagram, dengan merayakan kemenangan. "Saya melakukannya!!!!!"

Kolle pun membuat sejarah sebagai transgender pertama yang menjadi Miss Belanda. "Saya ingin menjadi suara dan panutan bagi semua perempuan muda dan orang-orang queer," kata Kolle dalam pernyataan yang dibagikan kepada USA TODAY dikutip Rabu (12/7/2023). "Saya tahu lebih baik dari siapa pun bagaimana rasanya sendirian dan tidak hanya dikelilingi oleh pikiran positif."

Baca: Acara LGBT Se-ASEAN di Jakarta, Polisi Masih Telusuri Kebenarannya

Kolle mengaku, masih muda ketika menjadi transgender, yang merupakan keputusan tidak mudah. "Saya berjuang dan itu adalah waktu yang sangat sulit. Hari ini, saya lebih kuat dari sebelumnya."

Dengan kemenangannya itu, Kolle ingin membawa perubahan sebagai Miss Belanda yang baru dengan harapan generasi muda akan memiliki pengalaman yang lebih baik. "Tidak ada kata terlambat dan bantuan selalu ada. Itu selalu menjadi prinsip saya dan saya ingin membantu dan menyebarkannya dengan cerita dan pengalaman saya sendiri," katanya.

Transgender asal Breda, Belanda, yang bekerja sebagai pembuat konten dan model itu akan maju ke babak kontes global kontes, dan berpeluang menjadi transgender pertama yang menyabet gelar Miss Universe. Kompetisi Miss Universe memungkinkan bagi seorang transgender untuk berpartisipasi sejak 2012. Perempuan transgender pertama yang berkompetisi dalam kontes global Miss Universe, yaitu Angela Ponce yang pertama kali naik panggung pada 2018.

Baca: Waka MPR Minta Aparat Bubarkan Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta

Taipan bisnis Thailand dan aktivis transgender Chakrapong 'Anne' Chakrajutathib, yang merupakan pendiri dan CEO JKN Global Group Public Co. Ltd, membeli organisasi Miss Universe seharga 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 300 miliar pada Oktober 2022.

Namun, kemenangan Kolle menjadi bahan kontroversi di lini masa Twitter. Banyak akun-akun besar menertawakan proses pemilihan Miss Belanda 2023. Hal itu lantaran mereka membandingkan Kolle dengan runner up, yaitu Nathalie Yasmin Mogbelzada yang seorang perempuan tulen. Foto Kolle dan Yasmin yang terlihat cantik natural disandingkan hingga menjadi bahan cemoohan di lini masa.

"Trans #RikkieValerieKollé, pemenang Miss #Netherlands 2023, dan #NathalieYasmin, yang kedua setelahnya. Laki-laki jelek yang cantik ini memukuli semua wanita cantik. Pria yesss memenangkan segalanya," kata akun @theinformantofc menyindir panitia Miss Belanda 2023.

Akun @PabloLucini3 juga membuat sindiran keras sembari membandingkan foto Kolle dan Yasmin. "Di sebelah kiri, waria Rikkie Kolle pemenang Miss Holland 2023. Di sebelah kanan, Nathalie Yasmin, wanita yang kalah darinya di final. Jangan bilang apa-apa, retweet saja."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement