Kamis 13 Jul 2023 00:32 WIB

12 Negara Ini Tolak Mosi Cegah Kebencian Terhadap Agama 

Barat diminta berhenti menyalahgunakan kebebasan berekspresi.

Aksi pembakaran Alquran kembali terjadi di Swedia
Foto: Reuters
Aksi pembakaran Alquran kembali terjadi di Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA – Dewan HAM PBB meloloskan mosi mengenai pencegahan kebencian dan prasangka terhadap agama menyusul pembakaran Alquran di Swedia yang memicu aksi massa di seluruh dunia Islam. Pelaku pembakaran adalah Salwan Momika, imigran asal Irak. 

Mosi ini menyeru pada negara di dunia mencegah dan menindak kebencian terhadap agama yang memicu penghasutan hingga diskriminasi, kebencian, atau kekerasan.Mosi lolos melalui pemungutan suara pada Rabu (12/7/2023).

Sebanyak 12 negara menolak mosi ini dengan dalih bertentangan dengan posisi mereka yang membela hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan berekspresi. Sebanyak 28 negara setuju, sedangkan tujuh lainnya memilih abstain. 

Kedua belas negara itu adalah AS, Inggris, Belgia, Kosta Rika, Republik Ceska, Finlandia, Prancis, Jerman, Lithuania, Luksemburg, Montenegro, dan Rumania. Hasil pemungutan suaran di markas Dewan HAM, Jenewa, Swiss itu menandai kekalahan besar negara Barat.

Negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam memperjuangkan mosi ini hingga mendapatkan dukungan mayoritas. 

Menlu Pakistan Bilawal Bhutto Zardari melalui video menyatakan,’’Kita harus melihat dengan jelas apa itu penghasutan hingga kebencian terhadap agama, diskriminasi, dan upaya-upaya provokasi yang menimbulkan kekerasan.’’

Aksi semacam itu berlangsung di bawah sanksi pemerintah dan impunitas. Pernyataan Zardari digaungkan oleh menlu Iran, Arab Saudi, dan Indonesia. ‘’Berhenti menyalahgunakan kebebasan berekspresi,’’ kata Menlu Indonesia Retno Marsudi seperti dilansir Aljazirah

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement