Jumat 14 Jul 2023 17:46 WIB

Blinken Jumpa Wang Yi, Ini yang Dibahas

Blinken dan Wang Yi menjaga saluran komunikasi kedua negara

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken bertemu dengan diplomat senior yang juga Direktur Kantor Sentral Urusan Luar Negeri China Wang Yi
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken bertemu dengan diplomat senior yang juga Direktur Kantor Sentral Urusan Luar Negeri China Wang Yi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken bertemu dengan diplomat senior yang juga Direktur Kantor Sentral Urusan Luar Negeri China Wang Yi di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Menurut keterangan Departemen Luar Negeri AS, pertemuan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga saluran komunikasi kedua negara dan mengurangi risiko 'salah persepsi dan salah perhitungan'.

Baca Juga

Kedua pihak juga membahas isu-isu regional, bilateral, dan global termasuk masalah Taiwan.

'Menteri Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,' kata juru bicara Deplu AS Matthew Miller.

Pada pertemuan tersebut, Blinken juga secara langsung menyampaikan kekhawatiran AS serta para sekutu dan mitra terkait tindakan Cina. Blinken mendesak Beijing untuk melakukan kemajuan dalam berbagai tantangan lintas negara.

Blinken juga menjelaskan bahwa AS bersama dengan sekutu dan mitra akan memajukan visi mereka demi tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan berbasis aturan.

Kedua pihak sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, kata pernyataan tersebut.

Pada Juni lalu, Blinken berkunjung ke Beijing untuk bertemu dengan para pejabat dan Presiden Cina Xi Jinping dalam upaya untuk menstabilkan dan meningkatkan hubungan Cina dan AS yang tegang dalam beberapa bulan terakhir khususnya setelah insiden balon mata-mata Cina yang terbang di atas wilayahnya.

Sementara itu, Cina murka karena sikap AS yang menunjukkan mendukung kemerdekaan Taiwan, pulau demokratis yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

AS dan Cina hadir dalam pertemuan ASEAN sebagai mitra dialog organisasi kawasan tersebut. Kedua negara akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (EAS) dan Forum Kawasan ASEAN (ARF)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement