Senin 17 Jul 2023 15:10 WIB

Pelaut Australia Berhasil Selamat Setelah Terdampar di Tengah Lautan Selama 2 Bulan

Dia terdampar bersama anjingnya bernama Bella yang juga selamat.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Seorang pelaut asal Australia bernama Tim Shaddock berhasil diselamatkan setelah dua bulan terombang-ambing di Samudra Pasifik
Foto: EPA-EFE/Mario Tama
Seorang pelaut asal Australia bernama Tim Shaddock berhasil diselamatkan setelah dua bulan terombang-ambing di Samudra Pasifik

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA – Seorang pelaut asal Australia bernama Tim Shaddock berhasil diselamatkan setelah dua bulan terombang-ambing di Samudra Pasifik. Dia terdampar bersama anjingnya bernama Bella yang juga dalam keadaan selamat.

Pada April lalu, Shaddock berlayar menggunakan kapal jenis katamaran dari Kota La Paz, Meksiko. Dia berencana pergi ke French Polynesia, sebuah kepulauan di Pasifik Selatan yang berjarak sekitar 6.000 kilometer. Namun, di tengah perjalanan gelombang laut yang ganas menerjang kapalnya dan merusak perangkat elektronik di dalamnya.

Shaddock akhirnya terdampar di tengah lautan bersama anjingnya, Bella. Kapal katamaran milik Shaddock yang sudah koyak terpantau oleh helikopter yang kebetulan melintasi wilayah perairan tempatnya terdampar. Misi penyelamatan tak terduga pun berlangsung.

Sebuah kapal pukat tuna Meksiko menghampiri lokasi tempat Shaddock terdampar. Pria berusia 51 tahun itu tampak kurus dengan janggut lebat putih keabuan menjalari wajahnya. “Saya baru saja mendapat peralatan memancing,” ujar Shaddock kepada salah satu penyelamatnya, seperti terekam dalam video yang diperoleh Nine News Australia, Ahad (16/7/2023).

Selama terdampar di tengah lautan, Shaddock dan anjingnya mengonsumsi ikan mentah. Sedangkan untuk minum, dia menampung air hujan. Kendati demikian, Shaddock merasa dalam keadaan sehat. “Saya telah melalui cobaan yang sangat sulit di laut. Saya hanya butuh istirahat dan makanan enak karena saya sudah lama sendirian di laut,” kata Shaddock dalam video terpisah yang diperoleh Nine News Australia.

Menurut Nine News Australia, Shaddock dan anjingnya akan dibawa kembali ke Meksiko.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement