Selasa 18 Jul 2023 05:15 WIB

KBRI Gelar Festival Budaya Indonesia di Kazakhstan

Indonesia mempromosikan beragam budaya kepada masyarakat Kazakhstan.

Kedutaan Besar RI di Astana pada akhir pekan lalu menggelar Indonesia Summer Festival
Foto: AP/Vladimir Tretyakov
Kedutaan Besar RI di Astana pada akhir pekan lalu menggelar Indonesia Summer Festival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kedutaan Besar RI di Astana pada akhir pekan lalu, menggelar Indonesia Summer Festival dalam rangka mempromosikan beragam budaya dan potensi Indonesia kepada masyarakat Kazakhstan.

Menurut keterangan KBRI Astana yang diterima pada Senin (17/7/2023) festival yang baru pertama kali diadakan pihaknya tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kazakhstan serta 25 tahun usia Astana sebagai ibu kota Kazakhstan.

Duta Besar RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman, seperti dikutip dalam keterangan tersebut, mengatakan Indonesia Summer Festival merupakan salah satu bentuk dialog kebudayaan antara Indonesia dan Kazakhstan.

Kegiatan itu sekaligus untuk memperkuat diplomasi pendidikan, seni budaya, serta olahraga, khususnya pencak silat melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta dan Kazakhstan National Academy of Choreography, katanya.

Fadjroel menambahkan acara tersebut juga merupakan bentuk diplomasi ekonomi dengan menghadirkan hampir 100 jenis produk Indonesia, seperti makanan, makanan ringan tradisional, minuman, perhiasan, kopi, teh, dan batik.

Rangkaian festival dan pameran itu berlangsung pada 14?16 Juli di Pusat Budaya Indonesia di Astana.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mencakup pertemuan bisnis, pameran produk dan masakan Indonesia, pertunjukan musik dan tari, serta promosi kampus.

Salah satu warga Indonesia yang mengambil bagian dalam festival tersebut adalah Ainun, pelaku UKM Sekatup Sari Indonesia Bontang yang merupakan binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kalimantan Timur.

Ia menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan itu. "Acaranya sangat bagus, bisa bertemu langsung dengan buyer, termasuk bertemu para importir besar. Mereka sangat tertarik dan sudah memberikan penawaran," kata Ainun.

Sementaran itu, Bektas Medgatov--pengusaha Kazakhstan yang menjadi distributor salah satu produk makanan Indonesia, menganggap acara tersebut sangat strategis untuk kemajuan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Kazakhstan.

"Semua produk yang dipamerkan potensial untuk pasar Kazakhstan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement