Selasa 18 Jul 2023 15:34 WIB

AS Sebut Rusia Kejam

Rusia menolak memperbarui kesepakatan koridor gandum

Dubes AS untuk PBB sebut keputusan Rusia menangguhkan kesepakatan koridor gandum laut hitam sebagai tindakan yang kejam
Foto: AP
Dubes AS untuk PBB sebut keputusan Rusia menangguhkan kesepakatan koridor gandum laut hitam sebagai tindakan yang kejam

REPUBLIKA.CO.ID, PBB -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Linda Thomas-Greenfield mengecam keputusan Rusia untuk menangguhkan keikutsertaannya dalam kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dan menyebutnya sebagai "tindakan yang kejam".

"Rusia telah melontarkan pukulan lain kepada kelompok paling rentan di dunia," kata Thomas-Greenfield kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

Baca Juga

Menurut dia, kesepakatan biji-bijian yang ditengahi oleh PBB dan Turki memberi secercah harapan bagi krisis pangan dunia.

"Perjanjian ini telah membawa stabilitas ke pasar pangan global, dan menurunkan harga pangan untuk semua. Namun hari ini, Rusia telah mencampakkan semua kemajuan ini dan semua harapan ini sia-sia," katanya.

Rusia menolak memperbarui kesepakatan itu setelah 17 Juli 2023 karena merasa kepentingannya belum terpenuhi.

"Sayangnya, sejauh ini bagian yang berkaitan dengan Rusia dalam perjanjian Laut Hitam ini belum dilaksanakan," ujar juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov.

Dengan menyetujui perpanjangan kesepakatan tersebut, Rusia berharap hambatan terhadap ekspor pupuknya dihapuskan, termasuk dengan dimasukkannya Bank Pertanian Rusia dalam sistem pembayaran internasional SWIFT.

Kesepakatan biji-bijian Laut Hitam ditandatangani pada Juli 2022 di Istanbul oleh Ukraina, Rusia, PBB, dan Turki guna melanjutkan kembali ekspor biji-bijian dari pelabuhan-pelabuhan Ukraina. Kegiatan ekspor dari beberapa pelabuhan Ukraina di Laut Hitam sempat terhenti akibat perang Rusia-Ukraina yang dimulai pada Februari 2022.

Sejak itu kesepakatan tersebut telah diperbarui beberapa kali dan diperpanjang selama dua bulan lagi pada 18 Mei 2023. Kesepakatan itu memastikan lebih dari 32 juta metrik ton komoditas pangan dikirim dengan aman dari pelabuhan Ukraina, menurut PBB.

"Lebih dari 345 juta orang menderita kerawanan pangan tingkat tinggi," kata Thomas-Greenfield, mengutip data Program Pangan Dunia.

"Dan kita tahu tanpa keraguan, bahwa perang brutal Rusia terhadap Ukraina telah mendorong jutaan orang ke tepi jurang, terutama di Timur Tengah dan Afrika," katanya, menambahkan.

Saat Rusia bermain politik, kata Thomas-Greenfield, berbagai pihak akan menderita, termasuk anak-anak di wilayah Tanduk Afrika yang kekurangan gizi akut, ibu-ibu yang akan berhenti memproduksi ASI untuk bayinya karena mereka tidak cukup mendapat nutrisi dari makanan.

"Dunia membutuhkan Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam, dan semua negara anggota (PBB) harus bersatu dan mendesak Rusia untuk membatalkan keputusannya, melanjutkan negosiasi, memperpanjang, memperluas, dan menerapkan sepenuhnya inisiatif ini," kata utusan AS itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement