Rabu 19 Jul 2023 16:15 WIB

Badan Antariksa Australia Selidiki Kemungkinan Puing-Puing Roket

Benda diduga puing-puing roket ditemukan di dekat Teluk Jurien, Australia Barat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Benda diduga puing-puing roket ditemukan di Teluk Jurien, Australia Barat (Foto: ilustrasi)
Foto: Wang Jiangbo/Xinhua via AP
Benda diduga puing-puing roket ditemukan di Teluk Jurien, Australia Barat (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Australia mengirim gambar di Twitter pada Senin (17/7/2023). Benda itu kemungkinan bagian dari kendaraan peluncuran luar angkasa asing di dekat Teluk Jurien di negara bagian besar Australia Barat.

"Badan tersebut berhubungan dengan mitra global yang mungkin dapat memberikan lebih banyak informasi," tulis tweet itu.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Rabu (19/7/2023), spekulasi beredar di Twitter bahwa objek tersebut mungkin merupakan tahap ketiga dari roket LVM3 yang meluncurkan misi penjelajahan bulan Chandrayaan-3 India, mengingat  Jumat (14/7/2023) terlihat dari Australia. Tetapi objek yang terdampar itu tampaknya mengandung banyak alga, teritip angsa, dan kehidupan laut yang menumpang lainnya.

Itu lebih dari kemungkinan untuk tinggal di laut selama tiga hari saja. Misalnya, majalah Boater’s World mengatakan biasanya butuh waktu berminggu-minggu bagi teritip untuk menempel di lambung kapal.

Desas-desus lain menyatakan bahwa bongkahan puing mungkin merupakan tahapan ketiga dari roket India lainnya, Kendaraan Peluncuran Satelit Kutub (PSLV). Tapi pelacak luar angkasa yang berpengalaman merasa skeptis dengan gagasan itu.

“Itu tidak terlihat seperti tahap itu bagi saya,” tulis ahli puing-puing luar angkasa Harvard-Smithsonian Jonathan McDowell di Twitter.

Lautan dunia menerima cukup banyak badan roket yang jatuh, karena operator peluncuran mencoba menurunkan kendaraan mereka di daerah yang tidak berpenghuni setelah lepas landas. Tidak ada tempat di Bumi yang penduduknya lebih sedikit (oleh manusia) selain lautan terbuka.

Samudra Hindia biasanya berada di bawah jalur penerbangan misi yang diluncurkan di Pusat Antariksa Satish Dhawan India, jadi tidak terlalu aneh jika panggung roket India- jika itu objek misterinya-akan terdampar di pantai Australia Barat. Namun, beberapa jatuhnya sampah antariksa lebih dramatis dan kontroversial.

Misalnya, potongan stasiun ruang angkasa NASA Skylab secara tidak sengaja menabrak pedesaan Australia pada tahun 1979. Baru-baru ini, China telah dihukum oleh Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain karena membiarkan tahap inti roket Long March 5B kembali ke Bumi tanpa kendali saat membangun stasiun luar angkasa Tiangong.

'Liability Convention' atau Konvensi Kewajiban (1972) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggung jawab jika puing-puing luar angkasa menyebabkan kerusakan saat kembali ke Bumi. Ini hanya digunakan sekali dalam sejarah ruang angkasa, ketika satelit nuklir Uni Soviet yang dikenal sebagai Kosmos 954 menabrak Arktik Kanada pada tahun 1978.

Kanada dan Uni Soviet akhirnya menetapkan biaya pembersihan (terlepas dari konvensi) sebesar tiga juta dolar Kanada (sekitar Rp 34,1 miliar), yang kira-kira setara dengan 13 juta dolar Kanada (sekitar Rp 147,8 miliar) atau 10 juta dolar AS  (sekitar Rp 149,9 miliar) dalam dolar tahun 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement