Kamis 20 Jul 2023 20:31 WIB

PM Modi Akhirnya Bersuara Soal Kekerasan di Manipur Usai Video Penganiayaan Ditunjukkan

Video penganiayaan tersebut menunjukkan dua perempuan ditelanjangi dan diserang.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya memecah keheningan publik selama lebih dari dua bulan tak bersuara atas bentrokan etnis di Manipur
Foto: AP
Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya memecah keheningan publik selama lebih dari dua bulan tak bersuara atas bentrokan etnis di Manipur

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya memecah keheningan publik selama lebih dari dua bulan tak bersuara atas bentrokan etnis yang mematikan di timur laut India. Modi mengatakan pada hari Kamis (20/7/2023) bahwa penyerangan terhadap dua wanita ketika mereka diarak telanjang oleh massa di Negara Bagian Manipur tidak dapat dimaafkan.

Sebuah video yang menunjukkan penyerangan tersebut memicu kemarahan besar-besaran dan dibagikan secara luas di media sosial pada Rabu (19/7/2023) malam. Internet sebagian besar diblokir untuk meredam penyebaran video tersebut. Tak hanya itu, wartawan tidak dapat masuk mencari informasi ke negara bagian terpencil di negara tersebut.

Baca Juga

Video penganiayaan tersebut menunjukkan dua perempuan ditelanjangi dan dikelilingi oleh sejumlah pemuda yang meraba-raba alat kelamin mereka dan menyeret mereka ke sebuah lapangan. "Mereka yang bersalah tidak akan luput dari hukuman," kata Modi.

"Apa yang telah terjadi pada putri-putri Manipur tidak akan pernah bisa dimaafkan," ujarnya menambahkan, sambil menjawab pertanyaan para wartawan menjelang sidang parlemen dalam komentar publik pertamanya terkait konflik Manipur.

Kekerasan di Manipur terjadi bermula pada tanggal 3 Mei 2023 lalu setelah pengadilan memerintahkan pemerintah negara bagian untuk mempertimbangkan perluasan manfaat ekonomi khusus. Termasuk pemberian kuota dalam pekerjaan dan pendidikan yang dinikmati oleh masyarakat suku Kuki kepada penduduk mayoritas Meitei.

Modi, yang belum membuat pernyataan publik tentang masalah di negara bagian yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang beraliran nasionalis Hindu, berbicara sehari setelah video yang menunjukkan wanita yang dilecehkan di Manipur muncul dan memicu kemarahan nasional.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan dua wanita diarak telanjang dan diserang di sebuah jalan sebelum apa yang dikatakan oleh penduduk kota dalam video tersebut adalah pemerkosaan beramai-ramai. Reuters tidak dapat segera memverifikasi keaslian video tersebut.

"Hati saya dipenuhi dengan rasa sakit, hati saya dipenuhi dengan kemarahan," kata Modi di akhir komentar yang biasa ia sampaikan sebelum dimulainya setiap sesi parlemen. "Insiden dari Manipur yang telah muncul ke permukaan, sangat memalukan bagi masyarakat sipil mana pun."

"Hukum akan mengambil langkah terkuatnya, dengan sekuat tenaga. Apa yang terjadi pada putri-putri Manipur tidak akan pernah bisa dimaafkan," katanya dan mendesak para menteri utama dari semua negara bagian untuk memperkuat penegakan hukum.

Polisi akhirnya telah melakukan penangkapan pertama dalam kasus ini....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement