Kamis 20 Jul 2023 20:31 WIB

PM Modi Akhirnya Bersuara Soal Kekerasan di Manipur Usai Video Penganiayaan Ditunjukkan

Video penganiayaan tersebut menunjukkan dua perempuan ditelanjangi dan diserang.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya memecah keheningan publik selama lebih dari dua bulan tak bersuara atas bentrokan etnis di Manipur
Foto:

Tepat ketika Modi mengakhiri pernyataannya, Ketua Menteri Manipur Biren Singh menulis di Twitter bahwa polisi negara bagian ini telah melakukan penangkapan pertama dalam kasus ini.

"Penyelidikan menyeluruh saat ini sedang berlangsung dan kami akan memastikan tindakan tegas diambil terhadap semua pelaku, termasuk mempertimbangkan kemungkinan hukuman mati," kata Singh, yang telah dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia dan beberapa anggota parlemen BJP sendiri karena gagal mengatasi kekerasan tersebut.

Polisi Manipur mengatakan bahwa mereka telah membuka kasus pemerkosaan beramai-ramai dan menangkap seorang pria dan menambahkan bahwa yang lainnya akan segera ditahan.

Penyelidikan awal menunjukkan bahwa penyerangan terhadap kedua wanita tersebut terjadi pada tanggal 4 Mei 2023, tapi video yang menunjukkan mereka diseret, diraba-raba, dan diarak dalam keadaan telanjang oleh para penjahat bersenjata menjadi viral pada hari Rabu ini, kata polisi.

Pengadilan tertinggi India mengatakan bahwa mereka sangat terganggu dengan gambar-gambar tersebut. Pengadilan meminta pemerintah untuk menginformasikan kepada pengadilan mengenai langkah-langkah yang diambil untuk menangkap para pelaku dan memastikan bahwa insiden semacam itu tidak terulang kembali.

"Dalam demokrasi konstitusional, hal ini tidak dapat diterima," kata Ketua Mahkamah Agung India DY Chandrachud.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement