Jumat 21 Jul 2023 19:08 WIB

CIA: Putin Tunggu Waktu yang Tepat Balas Dendam ke Bos Wagner

Pemberontakan Wagner merupakan serangan langsung terhadap Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin
Foto:

‘’Jika saya menjadi dia (Prighozin), maka akan berhati-hati atas apa yang saya makan. Saya akan mencermati benar menu makanan,’’ kata Biden dalam konferensi pers di Helsinki, Finlandia, seperti dilansir laman berita Al Arabiya, Kamis (13/7/2023).

Candaan ini merujuk penggunan polonium oleh pihak keamanan Rusia untuk meracuni dan membunuh lawan politik Presiden Vladimir Putin. Biden menambahkan, pada pertemuan NATO di Vilnius, Lithuania dibahas juga mengenai keberadaan Prighozin. 

Burns menguatkan pernyataan Biden. ‘’Jika saya Prigozhin, saya tidak akan memecat pencicipi makanan saya,’’ katanya. Ia menuturkan, jenderal senior Rusia Sergei Surovikin yang dianggap tahu lebih dulu rencana Wagner akan memberontak, saat ini juga tak bebas bergerak. 

Dalam wawancara dengan harian Kommersant yang dipublikasikan pada Kamis (13/7/2023) tengah malam, Putin menawari tentara Wagner untuk tetap membantu bertempur di Ukraina. Penawaran ini disampaikan saat pertemuan di Kremlin, 29 Juni lalu. 

Pertemuan diikuti Prighozin dan 35 komandan Wagner. Dalam tawawan itu, tentara Wagner, akan tetap berada di bawah komandan saat ini. Putin menambahkan, kerangka legal formasi militer swasta akan ditentukan bersama oleh pemerintah dan parlemen.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement