Ahad 23 Jul 2023 23:31 WIB

Komunitas LGBTQ Malaysia Kecam Matty Healy

Healy akan memperburuk kehidupan komunitas LGBTQ+ di Malaysia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Komunitas LGBTQ+ Malaysia mengecam keras vokalis The 1975, Matty Healy
Foto: EPA
Komunitas LGBTQ+ Malaysia mengecam keras vokalis The 1975, Matty Healy

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Komunitas LGBTQ+ Malaysia mengecam keras vokalis The 1975, Matty Healy yang memprotes kebijakan pemerintah Malaysia terhadap hak-hak LGBTQ dan mencium bassis band tersebut, Ross MacDonald, di atas panggung. Protes itu disampaikan dan dilakukan saat The 1975 bermain di Good Vibes Festival di Kuala Lumpur pada hari Jumat (21/7/2023).

Healy mengecam sikap garis keras pemerintah Malaysia terhadap hak-hak LGBTQ plus. Hukum Malaysia mengkriminalisasi aktivitas seksual antara sesama jenis dengan hukum pidana.  

"Saya melakukan kesalahan. Saat diminta untuk menggelar konser, saya tidak mencari tahu. Saya tidak melihat titik salahnya, benar, saya tidak melihat titik salahnya mengundang The 1975 ke  negara ini dan kemudian memberi tahu kami dengan siapa kami bisa berhubungan seks," kata Healy, seperti dikutip NME, Ahad (23/7/2023).

 

Penampilan The 1975 dihentikan setelah dua lagu. Menyusul aksi Healy, lembaga bertanggung jawab untuk menyetujui permohonan pembuatan film dan pertunjukan dari artis asing di Malaysia membatalkan sisa acara Good Vibes Festival  dan band itu dilarang tampil di Malaysia.

Kini, anggota komunitas LGBTQ plus Malaysia yang bersuara. Utas yang mengkritik Healy di akun di Twitter yang bernama Joe Lee menjadi viral.  Lee mengatakan Healy akan memperburuk kehidupan komunitas LGBTQ+ di negara tersebut.

"Jika ada, apa yang telah dilakukan Matt Healy dan The 1975 mengabaikan dan mengganggu kerja keras selama bertahun-tahun aktivis lokal yang telah mendorong perubahan dan pemahaman dan membahayakan komunitas minoritas kita yang rentan," cicit Lee.

Ia juga mengatakan ia setuju Good Vibes Festival dibatalkan. "Sekarang, dengan lebih banyak artis yang lebih ramah terhadap kelompok queer yang tampil, menurut Anda, apakah akan aman untuk mengadakan dua hari lagi untuk acara ini?" katanya.

"Anda tahu beberapa pihak akan menjadikannya tontonan, dan dengan adanya ketegangan, insiden apa pun akan menjadi bencana dengan konsekuensi yang sangat nyata.

"Setiap negara memiliki hukumnya sendiri. Orang asing tidak bisa masuk dan mengacaukan kita dan memberitahu kita bagaimana melakukan sesuatu, terutama jika mereka hanya memperburuk keadaan.

"Korban nyata dari situasi ini adalah 1. Komunitas LGBTQ plus Malaysia, yang harus menanggung akibatnya. 2. Industri konser live Malaysia yang sedang berjuang untuk bangkit kembali pasca pandemi."

Sentimen Lee digaungkan oleh banyak orang. Pengguna Twitter lainnya menambahkan: "hal ini secara tunggal mendorong kembali kemajuan yang telah dicapai oleh kaum queer di Malaysia dalam satu abad terakhir. Ini murni aktivisme performatif dan angkatan 1975 tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada kami"

Seorang queer Malaysia lainnya menambahkan: "Matty dan teman-teman satu bandnya adalah orang-orang kulit putih kaya yang tidak kehilangan apa pun dengan apa yang mereka lakukan. Paling banyak? Mereka kehilangan pendengar dari Malaysia dan mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit sekarang. Mereka tidak memiliki konsekuensi penting yang nyata atas ucapan dan aksi mereka. Tidak ada.

"Kaum homoseksual Malaysia telah bekerja keras untuk mencoba dan mengkampanyekan hak-hak kami, banyak di antaranya yang sepenuhnya berbasis sukarela dan didanai oleh kaum homoseksual setempat. Kami mencurahkan banyak darah, keringat, dan air mata untuk memastikan rekan-rekan kami memiliki tempat yang aman, terutama di lingkungan yang tidak bersahabat."

"Sebagai seorang gay Malaysia, apa yang dilakukan Matty Healy dan The 1975 adalah buruk bagi kaum gay Malaysia. Sekarang kita harus menoleransi kekacauan politik yang akan terjadi sementara mereka baik-baik saja mabuk-mabukan di negara lain. Ini bukan perjuangan mereka," tambah yang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement