Senin 24 Jul 2023 10:52 WIB

Presiden Belarusia Sebut Pasukan Wagner Sudah Gatal Ingin Merangsek ke Polandia

Orang-orang Wagner sudah mulai membuat Belarusia stres, mereka ingin pergi ke Barat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Tentara bayaran Rusia, Grup Wagner mulai melatih pasukan khusus Belarusia di dekat perbatasan Polandia.
Foto: AP
Tentara bayaran Rusia, Grup Wagner mulai melatih pasukan khusus Belarusia di dekat perbatasan Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, ST PETERSBURG -- Presiden Rusia Vladimir Putin menjamu Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di St Petersburg pada Ahad (23/7/2023). Sebuah saluran Telegram yang terhubung dengan Lukashenko mengutipnya dengan nada bercanda bahwa para pejuang kelompok tentara bayaran Wagner Rusia yang sekarang melatih tentara Belarusia, ingin melintasi perbatasan ke Polandia yang merupakan anggota NATO.

"Orang-orang Wagner sudah mulai membuat kami stres. Mereka ingin pergi ke barat. 'Ayo kita pergi ke Warsawa dan Rzeszow'," katanya.

Baca Juga

Namun, belum ada indikasi Lukashenko serius dengan ide menggerakkan pasukan termasuk Wagner ke Polandia tersebut. Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan bahwa pesawat tempur Wagner mulai melatih pasukan khusus Belarusia di sebuah lapangan latihan militer yang berjarak hanya beberapa mil dari perbatasan Polandia.

Polandia memindahkan pasukan tambahan ke perbatasan dengan Belarusia sebagai tanggapan atas kedatangan pasukan Wagner, yang berpindah ke sana setelah melakukan pemberontakan singkat di Rusia pada bulan lalu.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan Polandia bahwa setiap agresi terhadap Belarusia akan dianggap sebagai serangan terhadap Rusia. Ia mengatakan Moskow akan menggunakan segala cara untuk bereaksi terhadap segala bentuk permusuhan terhadap Minsk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement