Selasa 25 Jul 2023 12:20 WIB

Danske Patrioter, Kelompok Anti-Islam Penggerak Aksi Pembakaran Alquran di Denmark

Danske Patrioter dikenal sebagai kelompok anti-Islam terkuat di Kopenhagen.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.
Foto: AP
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Setelah sebelumnya terjadi pembakaran Alquran di depan gedung Kedutaan Besar Irak di Stockholm, ibu kota Swedia, kali ini skandal serupa terjadi di Denmark. Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark. Mereka juga dikenal sebagai kelompok anti-Islam terkuat di Kopenhagen.

Siapakah sebenarnya Danske Patrioter ini?

Baca Juga

Dilansir dari Middle East Monitor dan IQNA, Danske Patrioter merupakan kelompok yang mirip dengan organisasi Stram Kurs (Garis Keras) yang dipimpin politisi Swedia kelahiran Denmark Rasmus Palundan, pembakar Alquran di depan Kedubes Turki di Stockholm, Swedia yang berhaluan ekstrimis kanan.

Bila Stram Kurs berada di Swedia, maka Danske Patrioter berada di Kopenhagen, dan mewadahi warga Denmark yang berpaham politik sayap kanan. Sebagian pengikut kelompok ini memang berasal dari pendukung Partai Rakyat Denmark (Danish People Party-Dans Folkeparti), yang berusaha menjaga nilai konservatif budaya Denmark dari gempuran multi kulturalisme Eropa.

Sikap politik Partai Rakyat Denmark memang cukup kontroversial bagi sebagian kalangan muslim. Partai ini mendukung status Israel di tanah Palestina, menolak bergabungnya keanggotaan Turki di Uni Eropa dan tak mengakui status negara Palestina. Namun sikap ultra-nasionalis Danske Patrioter tidak selamanya bisa diakomodasi partai ini.

Danske Patrioter lebih anti-kompromi terutama soal imigran dan Islam. Walau sikap yang mewakili kelompok ini tidak banyak di Denmark dari pandangan mayoritas, namun kampanye anti-Islam dan anti-imigrannya cukup populer. Cara aksi tersebut dianggap menarik simpatisan warga Denmark yang menolak imigran ke negara ini.

Aksi pembakaran Alquran oleh Rasmus Palundan dan Salwan Momika, imigran Irak di Stockholm, Swedia seolah menjadi penyemangat bagi dua orang aktivis Danske Patrioter, dengan berani melakukan pembakaran Alquran pada Senin (24/7/2023). Hal yang cukup disayangkan, dua aktivis Danske Patrioter melakukan pembakaran Alquran di depan Kedutaan Besar Irak di Kopenhagen di bawah perlindungan polisi.

Keduanya juga membawa spanduk dengan slogan-slogan yang menghina Islam, sebelum menginjak-injak bendera Irak dan sebuah salinan Alquran. Bahkan keduanya ikut membagikan video aksi tersebut di media sosial. Meskipun belakangan, aksi ini telah mendapat kecaman dari Menteri Luar Negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen.

Kedua aktivis Danske Patrioter tersebut mengatakan bahwa mereka melakukan hal tersebut untuk "memprotes" serangan terhadap Kedutaan Besar Swedia di Baghdad. Kedubes Swedia di Baghdad telah diserbu oleh para pengunjuk rasa yang marah pada hari Rabu malam sebagai tanggapan atas insiden pembakaran Alquran oleh seorang migran Irak di Stockholm.

Menurut situs web Danske Patrioter, kelompok ini secara terang-terangan mengidentifikasi identitas mereka sebagai gerakan nasionalis yang menentang imigrasi, Islam, dan globalisme. Namun aksi ini bukan pertama kalinya kelompok ini menargetkan simbol dan kesucian Muslim. Pada bulan Januari, mereka menyerang bendera Turki dan Alquran di depan kedutaan besar Turki di Kopenhagen.

Pembakaran Alquran juga mendapat penentangan dari umat Islam Denmark....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement