Kamis 27 Jul 2023 07:13 WIB

Pecatur Iran yang Melepas Hijabnya Jadi Warga Negara Spanyol

Kabinet menyetujui pemberian kewargangeraan bagi Khadem pada Selasa.

Pecatur asal Iran, Sara Khadem
Foto:

Amini yang berusia 22 tahun meninggal dunia di tahannan polisi moral Iran pada pertengahan September 2022. Kematian Amini memicu aksi yang meluas di Iran dan Khadem tak merasa menyesal mendukung gerakan protes tersebut. 

Meski demikian, ia menyatakan perintah surat penahanan setelah tak berhijab di turnamen di Kazakhstan membuatnya tak mungkin pulang ke Iran. Menurut dia, surat perintah itu merupakan hal paling mengerikan yang pernah terjadi pada dirinya. 

‘’Sebagai pecatur, kami mesti selalu memperkirakan apa yang mungkin terjadi selanjutya. Namun, ini berjalan tak seperti yang saya harapkan,’’ katanya di sebuah lokasi di Spanyol selatan tempat kini ia tinggal bersama suaminya yang sutradara film dan anaknya dalam wawancara dengan Reuters yang dipublikasikan 15 Februari 2023. 

Khadem yang tiba di Spanyol pada Januari menyatakan, pihak berwenang Iran memintanya menyatakan penyesalan atas tindakannya melepas hijab dalam rekaman video sebagai syarat bisa pulang ke Iran. Namun ia menolaknya.

Menurut dia, melepas hijab merupakan hal yang ia pikir benar dan dia tak menyesalinya. ‘’ Ini (tak berhijab) menjadi salah satu simbol pergerakan di Iran dan saya juga akhirnya memutuskan melakukan sesuatu yang saya inginkan. Saya termotivasi oleh rakyat Iran.’’

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement