Kamis 27 Jul 2023 10:51 WIB

Pemimpin Korut Kim Jong-un Terima Kunjungan Menteri Pertahanan Rusia

Menhan Rusia menghadiri peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menerima kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Rabu (26/7/2023).
Foto: AP
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menerima kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Rabu (26/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menerima kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Rabu (26/7/2023). Shoigu telah berada di Pyongyang sejak Selasa (25/7/2023) untuk menghadiri peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea yang dirayakan oleh Korut sebagai “Hari Kemenangan”.

Saat menerima kunjungan Shoigu, Kim Jong-un mengajaknya berkeliling melihat pameran pertahanan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemenangan. Kim memperlihatkan kepada Shoigu persenjataan dan peralatan militer Korut yang baru dikembangkan, termasuk rudal balistik.

Baca Juga

“Kim Jong-un berbagi komentar dengan Sergei Shoigu tentang tren pengembangan persenjataan di seluruh dunia dan strateginya,” kata kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) dalam laporannya.

KCNA pun menerbitkan sejumlah foto yang menunjukkan Kim dan para tamunya berkeliling ruang pameran besar. Di foto-foto tersebut, tampak beberapa rudal balistik Korut terpasang di atas peluncur multi-axle transporter. Sementara foto lainnya memperlihatkan pesawat nirawak (drone) baru.

Menurut KCNA, saat bersama Shoigu, Kim membagikan pandangannya tentang isu-isu yang menjadi perhatian bersama dalam perjuangan menjaga kedaulatan dan kepentingan kedua negara dari praktik sewenang-wenang imperialis. “Dia berulang kali menyatakan keyakinannya bahwa tentara dan rakyat Rusia akan mencapai kesuksesan besar dalam perjuangan membangun negara yang kuat,” kata KCNA.

KCNA tidak menyinggung tentang konflik di Ukraina. Namun ia menyatakan bahwa Korut sepenuhna mendukung “pertempuran untuk keadilan” Rusia serta untuk melindungi kedaulatannya. Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan tentang agenda kunjungan Shoigu ke Pyongyang.

“Pada 25-27 Juli, delegasi Rusia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoigu akan mengunjungi Republik Rakyat Demokratik Korea atas undangan Kementerian Pertahanan Korut untuk menghadiri acara meriah yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan rakyat Korut dalam Perang Pembebasan Tanah Air 1950-1953," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia dalam keterangannya, Selasa (25/7/2023), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kunjungan Shoigu akan berkontribusi dalam penguatan hubungan militer bilateral antara Moskow dan Pyongyang. Selain itu, lawatan Shoigu menandai tahap penting dalam pengembangan kerja sama Rusia-Korut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement