Kamis 27 Jul 2023 19:54 WIB

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Xi Jinping

Jokowi menyebut, Indonesia dan China telah berhasil menciptakan kemajuan nyata.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/7/2023).
Foto: Dok Laily Rachev/Biro Pers Sekre
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, China pada Kamis (27/7/2023). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengapresiasi dukungan China terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” ucap Jokowi dalam pengantarnya, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia dan China telah berhasil menciptakan kemajuan nyata dari sejumlah kerja sama, utamanya sejak penyelenggaraan G20 Bali tahun lalu.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana tiba di Hotel Jiniu sekitar pukul 16.20 waktu setempat. Setibanya di sana, Presiden dan Iriana kemudian disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang kemudian dilanjutkan melaksanakan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement