Ahad 30 Jul 2023 05:30 WIB

Ini Nih Strategi jadi Full-time Trader Saham

Pertama-tama, siapkan dulu dana setara pendapatan setahun dan dana darurat.

Ini Nih Strategi jadi Full-time Trader Saham
Foto: Tim Infografis
Ini Nih Strategi jadi Full-time Trader Saham

REPUBLIKA.CO.ID, Meningkatnya layanan digital di pasar modal Indonesia mendorong anak muda memulai investasi. Bahkan, banyak dari investor baru ini yang mau menjadi full-time trader

Agar tidak salah langkah, simak tips dari Ajaib Sekuritas ini.

Baca Juga

1. Kumpulkan Modal

Sebelum mulai menjadi full-time trader, kumpulkan dulu dana setara pendapatan setara satu tahun. Dana itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

2. Siapkan Dana Darurat

Siapkan juga dana darurat sekitar 3x-6x pengeluaran bulanan untuk antisipasi risiko tak terduga. Semakin besar dana darurat, semakin stabil psikologis full-time trader.

 

3. Strategi Trading Saham

Belajar dulu seluk-beluk trading saham. Belajarlah analisis fundamental dan teknikal, cara membaca sentimen pasar, dan mulai trading dari modal kecil.

 

4. Perhatikan Order Jual dan Beli

Perhatikan saham-saham punya order beli jauh lebih banyak daripada jual, terutama pada 10 menit saat awal dan akhir perdagangan serta beberapa menit menjelang penutupan sesi satu. Ketimpangan ini indikasi saham itu menarik dan berpotensi menguat sehingga diincar para trader.

 

5. Disiplin dengan Trading Plan

Full-time trader harus untung secara konsisten dalam jangka panjang. Karena itu, ia harus tegas dan disiplin dengan trading plan yang dibuat.

 

6. Realistis

Saat target keuntungan tercapai, lepas saham pada saat itu juga. Jangan terbuai! Cut loss ketika analisis ternyata keliru dan harga saham merosot. Jangan ragu!

 

Sumber: Ajaib Sekuritas

Rep: Retno Wulandhari

Red: Fuji Pratiwi

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement