Rabu 02 Aug 2023 05:35 WIB

Deretan Negara yang Berminat Jadi Anggota BRICS

Negara yang berminat bergabung dengan BRICS berasal dari dunia Arab dan Asia Pasifik

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Negara-negara yang berminat bergabung dengan BRICS berasal dari dunia Arab dan kawasan Asia-Pasifik
Foto: [ist]
Negara-negara yang berminat bergabung dengan BRICS berasal dari dunia Arab dan kawasan Asia-Pasifik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa negara telah secara resmi mengajukan permohonan keanggotaan BRICS. Di kawasan Asia, terdapat Bangladesh yang mengambil langkah tersebut.

Laman Dhaka Tribune, dalam laporannya pada 19 Juni 2023 lalu mengungkapkan, permohonan keanggotaan kepada BRICS diajukan menyusul pertemuan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dan Presiden Afsel Cyril Ramaphosa di Jenewa pada 14 Juni 2023. Seorang sumber mengungkapkan, Ramaphosa menyambut positif keinginan Bangladesh bergabung dengan BRICS.

Baca Juga

Kabar itu pun dikonfirmasi Menteri Luar Negeri Bangladesh Masud bin Momen. "Ya, kami telah menyatakan minat kami dan melamar untuk bergabung dengan aliansi,” ujarnya.

Di sela-sela kabar tersebut, Duta Besar Rusia untuk Mesir Georgy Borizenko mengklaim, Kairo pun sudah resmi mengajukan permohonan keanggotaan BRICS.

“Mesir mengajukan permohonan bergabung dengan BRICS karena salah satu inisiatif yang sedang dijalankan oleh BRICS saat ini, yaitu penggunaan mata uang alternatif dalam perdagangan, baik itu mata uang nasional atau pembentukan mata uang bersama. Mesir sangat tertarik dengan hal ini,” ucapnya pada 15 Juni 2023 lalu.

Pada akhir Juni, Ethiopia, salah satu negara Afrika dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, juga mengumumkan akan bergabung dengan BRICS.

“Kami berharap BRICS akan memberi kami tanggapan positif atas permintaan yang kami buat,” kata Jubir Kemlu Ethiopia Meles Alem kepada awak media pada 29 Juni 2023.

Kemudian pada 21 Juli 2023 lalu, Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune mengatakan bahwa negaranya sudah mengajukan permohonan keanggotaan BRICS.

“Kami secara resmi melamar untuk bergabung dengan grup BRICS, kami mengirim surat yang meminta untuk menjadi anggota pemegang saham di bank (BRICS Development Bank). Kontribusi pertama Aljazair di bank yaitu 1,5 miliar dolar AS,” ucapnya.

Pada 25 Juli 2023, sekutu Rusia, yakni Belarusia, juga turut memngumumkan bahwa mereka sejak Mei 2023 sudah mendaftar untuk menjadi anggota BRICS. “Keputusan ini merupakan langkah yang sangat logis dalam konteks memperluas kerja sama dalam format multilateral dengan mitra tradisional dan negara sahabat,” kata Kemlu Belarusia dalam sebuah pernyataan, dilaporkan RIA Novosti.

Pada Juni lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan, setidaknya sudah terdapat hampir 20 negara yang berupaya memperoleh keanggotaan BRICS.

“Jumlah negara yang ingin bergabung ke BRICS terus bertambah,” ujarnya, dilaporkan kantor berita Rusia, TASS, 15 Juni 2023.

Dia menyebut, negara-negara yang berminat bergabung dengan BRICS berasal dari dunia Arab dan kawasan Asia-Pasifik. Ryabkov menekankan, dalam BRICS tidak dianut prinsip “pemimpin-pengikut”. Posisi semua negara anggota setara.

Pemerintah Cina telah menyatakan....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement