Kamis 03 Aug 2023 13:39 WIB

Paus  Fransiskus Temui Korban Pelecehan Seksual Pemuka Gereja

Paus mengkritik lamanya gereja Katolik merespons skandal pelecehan seksual.

Paus Fransiskus
Foto:

Menjelang kedatangan Paus Fransiskus di Portugal terdapat tiga billboard besar yang mengangkat isu pelecehan seksual di gereja, dibuat dan dipasang oleh kelompok yang menamakan dirinya This Is Our Memorial.

Satu dipasang di Almirante Reis, salah satu jalan terpanjang dan tersibuk yang ada di Lisbon. Bunyinya,’’4,800+ children abused by the Catholic Church in Portugal". Pada billboard tersebut juga tercantum 4.815 titik yang mewakili jumlah korban pelecehan.

Billboard lain dipasang di Kota Oeiras, lokasi pelaksanaan World Youth Day festival. Namun, pihak kotapraja mencopotnya.’’Di Kotapraja Oeiras semua iklan ilegal dicopot,’’ demikian pernyataan kotapraja seperti dikutip surat kabar Publico

This Is Our Memorial menyebut ini sebagai upaya sensor pihak pemerintah. Mereka menambahkan, satu dari tiga billboard dipindahkan menyusul kedatangan Paus Fransiskus. Mereka menyuarakan kondisi para korban pelecehan seksual. 

‘’Tak ada yang bisa memperbaiki pengalaman dan hidup lebih dari 4.800 korban itu. Hal yang dapat dan mesti kita lakukan adalah mengingat mereka. Sampaikan suara mereka sehingga apa yang mereka alami tak terjadi lagi,’’ kata This Is Our Memorial di situsnya. 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement