Sabtu 05 Aug 2023 07:47 WIB

Penghuni Kebun Bintang Yunani Diberi Daging Beku Dampak Panas Ekstrem

Panas ekstrem di Yunani mencapai 40 derajat celcius

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Singa Angola berusia 15 tahun menjilat es sebelum menggerogoti potongan daging.
Foto: AP
Singa Angola berusia 15 tahun menjilat es sebelum menggerogoti potongan daging.

REPUBLIKA.CO.ID, SPATA -- Pada pandangan pertama, Tiembe memandangi sarapan bekunya dengan ragu. Potongan daging merah dan tulang dikemas dalam balok es sepanjang sekitar 30 cm.

Singa Angola berusia 15 tahun itu akhirnya menjilat es sebelum menggerogoti potongan daging. Layanan makanan seperti itu pun dinikmati oleh hewan-hewanlain di Taman Zoologi Attica di luar ibu kota Yunani.

Baca Juga

Mereka diberi hidangan makanan beku pada Jumat (4/8/2023). Perubahan tersebut dampak dari suhu di seluruh negeri mencapai 40 derajat Celcius dan akan meningkat lebih jauh dalam gelombang panas keempat dalam waktu kurang dari sebulan.

Kurator kebun binatang Antonis Balas mengimbau pemilik hewan peliharaan untuk lebih berhati-hati terhadap hewannya pada saat cuaca panas ekstrem. Dia mencatat, bahwa banyak ras hewan peliharaan populer berasal dari iklim asli yang lebih sejuk di Eropa Utara dan Tengah.

"Secara umum, panas memengaruhi hewan dengan cara yang sama seperti memengaruhi manusia,” kata Balas setelah memberi makan es loli buah ke lemur ekor cincin, beberapa naik ke pundaknya untuk dilayani terlebih dahulu.

“Es suguhan adalah pelengkap makanan mereka. Mereka menjilat es dan menghirup udara sejuk. Itu berbeda dengan orang yang berkeringat sebagai cara untuk mengatur suhu tubuhnya," ujar Balas.

Temperatur ekstrem dan kebakaran hutan berdampak pada satwa liar Yunani. Kebakaran di pulau Rhodes berlangsung selama 11 hari berturut-turut, memicu evakuasi 20.000 orang, kebanyakan turis.

Hewan-hewan di pulau itu kurang beruntung. Saat api membakar hutan pegunungan dan cagar alam, menurut Kementerian Pertanian Yunani, diperkirakan 2.500 hewan dan sarang lebah dibakar, bersama dengan 50 ribu pohon zaitun. Rusa bera, simbol Rhodes, ditemukan tergeletak mati di pinggir jalan.

Kebun binatang yang berjarak sekitar 30 kilometer di timur Athena, merawat seekor rusa yang terluka dan beberapa kura-kura. Mereka menderita luka bakar dan luka lainnya selama kebakaran Rhodes.

Sebanyak 10 kebakaran besar melanda Yunani pada Juli, termasuk kebakaran besar di luar Athena. Lebih dari 450 anjing dan kucing peliharaan diselamatkan dari kebakaran, banyak yang ditinggalkan di rumah saat pemiliknya melarikan diri.

Sekitar setengahnya telah dipersatukan kembali dengan pemiliknya, yang lainnya ditempatkan dalam adopsi sementara. Setelah kebakaran Yunani, badan amal hewan internasional PETA mendesak pemilik hewan untuk tidak meninggalkan hewan peliharaan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement