Sabtu 05 Aug 2023 11:20 WIB

New York Rusuh Gara-Gara Pembagian Hadiah dari YouTuber Kai Cenat

Kerumunan di Union Square dan jalanan di sekitarnya membuat suasana kacau.

Foto yang diambil dari video WABC-TV, memperlihat polisi di tengah massa di Union Square, Jumat (4/8/ 2023), New York.
Foto: WABC-TV via AP
Foto yang diambil dari video WABC-TV, memperlihat polisi di tengah massa di Union Square, Jumat (4/8/ 2023), New York.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Ribuan orang menyerbu Union Square, New York dan jalan di sekitarnya, Jumat (4/8/2023) sore.  Youtuber Kai Cenat (21) memicu gerak massa tersebut setelah menjanjikan kepada mereka hadiah (giveaway) gratis. Sayangnya, acara ini berakhir rusuh. 

Cenat mempunyai 6,5 juta pengikut di situs gim Twitch dan empat juta subcribres di akun YouTube-nya. Ia mendapatkan gelar "Streamer of the Year" di Streamy Awards pada 2022. Ia mengumumkan pemberian banyak hadiah di akun Instragram pada pukul 16.00 waktu setempat. 

Dalam sebuah video yang diposting Kamis (3/8/2023), Cenat menjanjikan kepada para followersnya, hadiah termasuk komputer dan konsol Playstation 5. 

Pengumuman itu menjadi viral. Sebelum acara pembagian di mulai, tayangan berita menunjukkan, orang-orang melemparkan botol dan kursi, memanjat atap pintu masuk stasiun kereta bawah tanah, berdiri di atas atap mobil, dan menurunkan pemadam api.

Kerumunan masif di taman Union Square dan jalanan di sekitarnya membuat suasana kacau. Orang-orang berlarian di jalanan, beberapa dari mereka terlihat meloncat ke mobil dan bus kota. Sebagian lainnya, mengambil sejumlah perkakas dari lokasi konstruksi di Union Square. 

Pejabat tinggi di kepolisian New York, NYPD, Jeffrey Maddrey yang dikutip ABC News, mengatakan personel NYPD tiba di lokasi berusaha membubarkan massa. Namun massa melakukan kekerasan terhadap polisi dan publik.

‘’Petugas kami diserang. Kami diimpit dan didorong,’’ ujarnya. Beberapa orang menyalakan kembang api. Ia mengaku penyebab kekacauan belum diketahui secara pasti. Video dari berita televise menunjukkan Cenat berada di sebuah mobil SUV hitam.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement