Ahad 06 Aug 2023 15:40 WIB

Kunjungi Pabrik Senjata, Kim Jong-un Tekankan Penyempurnaan Kesiapan Perang

Inspeksi Kim dilakukan di tengah rencana latihan bersama AS dan Korsel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto tak bertanggal yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mencoba senjata selama inspeksi tiga hari dari 3 Agustus hingga 5 Agustus 2023 di pabrik amunisi besar di Korea Utara.
Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service
Dalam foto tak bertanggal yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mencoba senjata selama inspeksi tiga hari dari 3 Agustus hingga 5 Agustus 2023 di pabrik amunisi besar di Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un telah mengunjungi pabrik-pabrik senjata utama milik negaranya, termasuk yang memproduksi sistem artileri dan kendaraan peluncur rudal balistik berkemampuan nuklir. Dalam tur tersebut, Kim berjanji mempercepat upaya memajukan persenjataan militernya dan kesiapan perang.

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) mengungkapkan, inspeksi Kim ke sejumlah pabrik senjata berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Sabtu (5/8/2023). “(Kim) menekankan tanggung jawab dan tugas penting pabrik dalam menyempurnakan kesiapan perang (Korut),” kata KCNA dalam laporannya, Ahad (6/8/2023), dikutip TRT World.

Baca Juga

Kim pun memuji upaya pabrik-pabrik senjata di negaranya karena menggunakan langkah-langkah ilmiah dan teknologi untuk meningkatkan kualitas proyektil, memangkas waktu pemrosesan untuk tabung propelan, serta meningkatkan kecepatan produksi. Namun Kim juga menyerukan perlunya mengembangkan dan memproduksi jenis proyektil baru.

Sementara itu ketika mengunjungi pabrik kendaraan pengangkut dan peluncur rudal balistik, Kim mengatakan peningkatan pasokan kendaraan adalah prioritas utama militer. Kim mengapresiasi para pekerja karena membangun “fondasi yang kuat” untuk produksi.

Kemudian di pabrik mesin untuk rudal jelajah dan drone, KCNA menyebut Kim menyerukan agar produksi dikembangkan secara pesat. Kim turut mengunjungi pabrik senjata kecil. Dia menekankan perlunya memodernisasi senjata untuk para tenatar Korut. Pada kesempatan itu, Kim pun sempat menjajal setidaknya dua senapan.

Inspeksi Kim ke sejumlah pabrik senjata dan militer Korut dilakukan ketika Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) bersiap untuk menggelar latihan militer gabungan putaran berikutnya akhir bulan ini. Latihan itu dimaksudkan untuk mengantisipasi ancaman Korut.

Pada 16 Juli 2023 lalu, Korsel, AS, dan Jepang menggelar latihan pertahanan rudal trilateral di perairan internasional Laut Timur. Latihan itu digelar setelah Korut meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-18 pekan lalu.

Dalam latihan pertahanan rudal tersebut....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement