Rabu 09 Aug 2023 09:12 WIB

Ribuan Penggemar Iringi Pemakaman Mualaf Sinead O'Connor

Sinead O'Connor atau Shuhada Sadaqat dimakamkan sesuai tata cara Islam.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah mobil jenazah yang membawa peti jenazah penyanyi Irlandia Sinead O Connor lewat selama prosesi pemakamannya di mana para penggemar berbaris di jalan untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir padanya di Bray, Irlandia, 8 Agustus 2023.
Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne
Sebuah mobil jenazah yang membawa peti jenazah penyanyi Irlandia Sinead O Connor lewat selama prosesi pemakamannya di mana para penggemar berbaris di jalan untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir padanya di Bray, Irlandia, 8 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Ribuan penggemar Sinead O'Connor atau Shuhada' Sadaqat berbaris di jalan-jalan di kota asalnya untuk mengucapkan selamat tinggal dan menyanyikan lagu-lagunya, Selasa (8/8/2023). Para punggawa musik Irlandia, Michael D. Higgins, Bono, The Edge dan Bob Geldof, termasuk anggota U2 yang menghadiri upacara pemakaman.

Peti mati Sinead diarak di jalanan Bray dengan diiringi oleh sebuah VW camper van yang memainkan lagu Bob Marley dan lagu-lagu hitsnya. Lebih dari 3.000 orang berkumpul untuk melayat sang bintang idola. Penggemar sambil menangis menyanyikan lagu "Nothing Compares to U" dalam sebuah perpisahan yang mengharukan.

Baca Juga

Sinead atau Sadaqat, penyanyi yang meninggal pada usia 56 tahun bulan lalu itu, meninggalkan kesedihan mendalam bagi banyak orang. Keluarga mengadakan upacara peringatan pribadi Selasa pagi ini yang dihadiri oleh Presiden Irlandia, Michael D Higgins, dan Perdana Menteri Leo Varadkar. 

Imam Syaikh Umar Al-Qadri yang menyampaikan sambutan duka mengatakan Sinead telah mengalami lebih dari sekadar kesulitan dan penderitaan.

"Dikaruniai suara yang menggerakkan generasi muda, ia dapat membuat pendengarnya meneteskan air mata dengan resonansi dunia lain. Suara Sinead membawa serta nada harapan, untuk menemukan jalan pulang. Orang-orang Irlandia telah lama menemukan penghiburan dalam lagu dari penderitaan di tempat yang lebih rendah ini, dan Sinead tidak terkecuali, dan dengan berbagi penghiburan itu, dia membawa sukacita bagi banyak orang di seluruh dunia," katanya, dilansir Daily Mail, Selasa.

Salah satu saudara laki-laki Sinead juga berbicara tentang asal-usul dan kehidupannya, yang dimulai di Dublin dan berakhir di London setelah ia menjadi bintang global. Keluarga penyanyi terkenal ini telah meminta orang-orang yang ingin mengucapkan selamat tinggal terakhir untuk berdiri di sepanjang tepi pantai Bray di Co Wicklow saat iring-iringan mobil jenazah melewati jalan dengan diiringi lagu "Natural Mystic" dari Bob Marley dan Wailers.

Sebuah mobil kemping Volkswagen...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement