Rabu 09 Aug 2023 09:12 WIB

Ribuan Penggemar Iringi Pemakaman Mualaf Sinead O'Connor

Sinead O'Connor atau Shuhada Sadaqat dimakamkan sesuai tata cara Islam.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah mobil jenazah yang membawa peti jenazah penyanyi Irlandia Sinead O Connor lewat selama prosesi pemakamannya di mana para penggemar berbaris di jalan untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir padanya di Bray, Irlandia, 8 Agustus 2023.
Foto:

Kepala imam di Islamic Centre of Ireland Syaikh Umar Al-Qadri mengatakan kepada Mail Online bahwa Sinead akan dimakamkan secara Islam sesuai dengan kepindahannya ke agama tersebut, dan ia akan dicatat dengan nama muslimah Shuhada Sadaqat.

"Pemakaman itu jelas bersifat pribadi (untuk) keluarga dan itu adalah upacara yang sangat mengharukan dan saya pikir itu benar-benar mencerminkan kepribadian Sinead yang indah. Upacara tersebut sangat spiritual dan mencerminkan identitas Irlandia dan juga identitas Muslimnya," ujar Syaikh Dr Umar Al-Qadri.

"Jadi saya bersama anggota komunitas Muslim dan kami melakukan sholat jenazah untuk Sinead," katanya.

Dia juga mengatakan O'Connor tidak pernah menjauh dari Tuhan, tidak seperti orang lain yang mengalami kesulitan dan cobaan dalam hidupnya. "Dia adalah manusia luar biasa yang bukan hanya seorang musisi dan seniman yang hebat, tetapi juga seorang yang akan menyentuh hati jutaan orang karena suaranya, tetapi juga karena isinya yang luar biasa. Dia selalu memiliki iman dan keyakinan yang kuat kepada Tuhan," kata Umar Al-Qadri.

Presiden Irlandia Michael Higgins menyampaikan penghormatannya. Dia mengatakan akan menghadiri upacara pemakaman. "Curahan kesedihan dan penghargaan terhadap kehidupan dan karya Sinead O'Connor menunjukkan dampak mendalam yang ia berikan kepada rakyat Irlandia," kata Higgins dalam sebuah pernyataan.

photo
Lika-liku kehidupan Sinead O Connor. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement