Kamis 17 Aug 2023 23:46 WIB

ICRC akan Menghentikan Pendanaan 25 Rumah Sakit di Afghanistan

Afghanistan di ambang pembekuan bantuan internasional

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Rumah sakit Afghanistan (ilustrasi). Afghanistan di ambang pembekuan bantuan internasional
Foto: EPA-EFE/STRINGER -- BEST QUALITY AVAILABLE -
Rumah sakit Afghanistan (ilustrasi). Afghanistan di ambang pembekuan bantuan internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA — Komite Palang Merah Internasional (ICRC) kemungkinan akan mengakhiri keuangan di 25 rumah sakit Afghanistan pada akhir Agustus nanti karena keterbatasan dana, kata seorang juru bicara kepada Reuters, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas penurunan bantuan ke Afghanistan.

“Meskipun kami terus melibatkan kementerian pemerintah, donor, dan organisasi untuk menemukan mekanisme dukungan berkelanjutan alternatif untuk sektor rumah sakit, penghentian Program Rumah Sakit diharapkan akan terjadi secara tentatif pada akhir Agustus,” ujar juru bicara ICRC untuk Afghanistan, Diogo Alcantara, dilansir dari Alarabiya, Rabu (17/8/2023).

Baca Juga

“ICRC tidak memiliki mandat atau sumber daya untuk mempertahankan sektor layanan kesehatan masyarakat yang berfungsi penuh dalam jangka panjang,” kata Alcantara.

Pada April, ICRC mengatakan dewan pengaturnya menyetujui 430 juta franc Swiss (475,30 juta dolar) dalam pengurangan biaya selama 2023 dan awal 2024 dan pengembalian operasi di beberapa lokasi karena anggaran untuk bantuan kemanusiaan diperkirakan akan berkurang. 

“Kesulitan keuangan yang dihadapi ICRC telah dipercepat, dalam transparansi dengan otoritas IEA (Emirat Islam Afghanistan), pengembalian yang diharapkan dari tanggung jawab penuh layanan kesehatan kepada Kementerian Kesehatan Masyarakat,” kata Alcantara, mengacu pada administrasi Taliban.

Berakhirnya program itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran atas pemotongan bantuan kemanusiaan Afghanistan, dua tahun setelah Taliban mengambil alih dan sebagian besar bentuk bantuan internasional lainnya, yang menjadi satu-satunya sumber ekonomi dihentikan.

Organisasi yang berbasis di Jenewa itu akan melanjutkan program kesehatan Afghanistan lainnya, termasuk dukungan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas. 

Seorang juru bicara kementerian kesehatan Afghanistan yang dikelola Taliban tidak menanggapi permintaan komentar.

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

Tidak jelas berapa banyak yang dibutuhkan untuk membayar operasi, yang mendanai gaji dan biaya lainnya di banyak rumah sakit utama Afghanistan yang melayani jutaan orang, dan apakah otoritas Taliban dapat menutupi jumlah itu dari anggaran fiskal.

Seorang juru bicara kementerian keuangan Afghanistan mengatakan anggaran tahun ini telah diselesaikan, tetapi tidak dirilis ke publik. 

Rumah sakit tersebut telah didukung oleh ICRC sejak beberapa bulan setelah pasukan asing pergi pada Agustus 2021.

Pendanaan pembangunan dipotong ke Afghanistan karena Taliban yang secara resmi tidak diakui oleh negara mana pun mengambil alih negara itu. Guncangan keuangan yang tiba-tiba membahayakan layanan publik yang kritis termasuk kesehatan dan pendidikan. 

ICRC dan badan-badan lain...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement