Jumat 18 Aug 2023 07:03 WIB

10 Orang Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Pesawat di Selangor Malaysia

Hanya satu jasad korban meninggal yang ditemukan dalam keadaan utuh.

Petugas Unit Forensik Polisi Kerajaan Malaysia melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan pesawat ringan di Elmina, negara bagian Selangor, Malaysia, Kamis (17/8/2023). Menurut polisi, sepuluh orang tewas, termasuk delapan penumpang di dalam pesawat dan dua pengendara lainnya di darat , setelah jet pribadi Beechcraft Model 390 (Premier 1) jatuh di Elmina.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Petugas Unit Forensik Polisi Kerajaan Malaysia melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan pesawat ringan di Elmina, negara bagian Selangor, Malaysia, Kamis (17/8/2023). Menurut polisi, sepuluh orang tewas, termasuk delapan penumpang di dalam pesawat dan dua pengendara lainnya di darat , setelah jet pribadi Beechcraft Model 390 (Premier 1) jatuh di Elmina.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kepolisian Malaysia mengonfirmasikan bahwa 10 orang korban meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat N28JV yang jatuh di sekitar Elmina, Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Kamis (17/8/2023) petang.

Kepala Polisi Negara (KPN) Malaysia Inspektur Jenderal Razarudin Husain kepada pers di Selangor mengatakan pesawat jenis Beechcraft model 390 milik perusahaan Jetvalet Sdn Bhd jatuh sekitar pukul 14.51 waktu setempat yang menyebabkan enam penumpang, dua awak pesawat, seorang pengguna motor dan seorang pengendara mobil yang melintas saat kejadian meninggal dunia.

Baca Juga

Ia juga mengatakan, dari 10 korban meninggal dunia hanya satu yang jasadnya ditemukan dalam keadaan sempurna, yakni pengendara motor yang sudah diketahui identitasnya, namun tetap harus menunggu proses verifikasi dengan uji asam deoksiribonukleat (DNA). Sedangkan identitas pengendara mobil belum diketahui.

Penyelidikan untuk mengetahui secara pasti jumlah korban kecelakaan pesawat telah dilakukan dan seluruh korban dibawa ke Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah, Klang, untuk keperluan identifikasi oleh para ahli waris atau pihak keluarga. Sebanyak 240 petugas yang terdiri dari Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM) bersama Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia, Kementerian Kesehatan Malaysia, Pasukan Pertahanan Sipil Malaysia, Biro Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB), Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) dan beberapa lembaga lainnya juga bekerja keras dalam operasi pencarian korban yang terlibat kecelakaan.

Dalam keterangan pers terpisah, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke menyampaikan identitas delapan korban pesawat nahas tersebut, yang di antaranya merupakan Anggota Dewan (ADUN) Pelangai Johari Harun. Sementara tujuh korban lainnya, yakni pilot Shahrul Kamal Ruslan dan Heikal Aras Abdul Azim, serta penumpang Kharil Azwan Jamaludin, Shaharul Amir Omar, Mohd Naim Fawwaz Mohamed Muaidi, Muhammad Taufiq Mohd Zaki, dan Idris Abdol Talib.

Sebelumnya, CAAM mengonfirmasi sebuah pesawat Beechcraft Model 390 (Premier 1) nomor registrasi N28JV jatuh di dekat Elmina, Shah Alam, Selangor pada Kamis petang. Pejabat tertinggi Eksklusif Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia Kapten Norazman Mahmud dalam keterangannya mengatakan pesawat yang dioperasikan oleh Jetvalet Sdn Bhd itu berangkat dari Bandar Udara Internasional Langkawi pada pukul 14.08 waktu setempat menuju Bandar Udara Sultan Abdul Aziz Shah.

Kontak pertama yang dilakukan pesawat dengan Menara Pengawas Lalu Lintas Udara Subang terjadi pada pukul 14.47 dan izin pendaratan diberikan pada 14.48. Pada pukul 14.51, Menara Pengawas Lalu Lintas Udara Subang mengamati asap yang berasal dari lokasi kecelakaan tetapi tidak ada panggilan mayday yang dilakukan oleh pesawat.

Ia mengatakan, Pusat Koordinasi Penyelamatan Penerbangan Kuala Lumpur (KL ARCC) telah diaktifkan untuk mengoordinasikan misi pencarian dan penyelamatan. Selanjutnya, investigasi keselamatan akan dilakukan oleh Biro Investigasi Kecelakaan Udara di bawah Kementerian Transportasi Malaysia sesuai dengan Bagian XXVI Peraturan Penerbangan Sipil 2016.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement