Senin 21 Aug 2023 14:56 WIB

HRW Tuduh Pasukan Saudi Bunuh Ratusan Migran Ethiopia di Perbatasan

Pasukan Saudi disebut menembaki dan meluncurkan mortir ke kelompok migran.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Organisasi Human Rights Watch (HRW) mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pasukan penjaga perbatasan Arab Saudi telah membunuh ratusan migran Ethiopia yang mencoba memasuki negara tersebut dari Ya
Foto:

Pada 3 Oktober 2022, PBB pernah mengirim surat ke Saudi. Dalam surat itu, PBB menyampaikan bahwa para penyelidiknya menerima laporan tentang penembakan artileri lintas batas dan tembakan senjata ringan. Aksi itu diduga dilakukan pasukan keamanan Saudi yang menyebabkan 430 orang tewas dan 650 lainnya luka-luka.

“Kalau migran tertangkap, kabarnya mereka sering disiksa dengan cara dibariskan dan ditembak di bagian samping kaki untuk melihat seberapa jauh pelurunya atau ditanya apakah lebih suka ditembak di tangan atau di kaki. Orang yang selamat dari serangan semacam itu dilaporkan harus 'berpura-pura mati' selama beberapa waktu untuk melarikan diri," kata PBB dalam suratnya.

Sebuah surat yang dikirim oleh misi Arab Saudi ke PBB di Jenewa pada Maret lalu membantah tegas laporan tersebut. Namun, ia juga mengatakan bahwa PBB memberikan informasi yang terbatas sehingga tidak dapat mengkonfirmasi atau membuktikan tuduhan tersebut.

Menurut data International Organization for Migration tahun 2022, terdapat sekitar 750 ribu warga Ethiopia yang tinggal di Saudi. Sebanyak 450 ribu di antaranya diduga masuk ke negara tersebut secara ilegal. Perang saudara di wilayah Tigray utara diketahui telah memaksa puluhan ribu warga Ethiopia mengungsi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement