Selasa 22 Aug 2023 08:15 WIB

12 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Turki

Sebanyak 12 orang tewas dan 19 lainnya terluka.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Sebuah bus penumpang keluar jalan dan menabrak parit pinggir jalan di Turki tengah.
Foto: AP
Sebuah bus penumpang keluar jalan dan menabrak parit pinggir jalan di Turki tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pemerintah Turki mengatakan sebuah bus penumpang keluar jalan dan menabrak parit pinggir jalan di Turki tengah. Gubernur Tunceli Mehmet Ali Ozkan mengatakan supir bus kehilangan kendali.

Bus kemudian keluar jalur dan masuk ke dalam parit di Kota Yozgat. Sebanyak 12 orang tewas dan 19 lainnya terluka.

Bus tersebut berangkat dari Sivas, sekitar 240 kilometer sebelah timur Yozgat, dan dalam perjalanan menuju Istanbul. Pada Senin (21/8/2023) Ozkan mengatakan 11 penumpang tewas di lokasi kejadian sementara satu orang meninggal di rumah sakit.

Ia mengatakan para penumpang yang terluka sedang dirawat di rumah sakit terdekat. Satu orang diantaranya dalam kondisi serius. Ozkan mengatakan penyebab kecelakaan masih diselidiki. Tapi kemungkinan karena "kecerobohan" supir.

Kecelakaan lalu lintas adalah masalah besar di Turki. Pada tahun 2022, diperkirakan ada 1,233 juta kecelakaan lalu lintas di Turki, yang mengakibatkan 5.362 orang meninggal dan 300.000 orang terluka. Ini menjadikan Turki salah satu negara dengan tingkat kematian akibat lalu lintas jalan raya tertinggi di dunia.

Terdapat  beberapa faktor yang berkontribusi pada tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas di Turki. Seperti kebiasaan mengemudi yang buruk, jalan yang tidak terawat, Kurangnya penegakan lalu lintas dan pemeliharaan kendaraan yang buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement