Rabu 23 Aug 2023 00:35 WIB

Ini Dampak Perubahan Iklim pada Geopolitik

Krisis iklim merupakan masalah yang kompleks dan tidak ada solusi mudah.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Penduduk setempat mencoba untuk ke rumah mereka di desa Benijos saat polisi memblokir area tersebut saat kebakaran meluas di La Orotava di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol,  Ahad, (20/8/2023) WIB.
Foto: AP Photo/Arturo Rodriguez
Penduduk setempat mencoba untuk ke rumah mereka di desa Benijos saat polisi memblokir area tersebut saat kebakaran meluas di La Orotava di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol, Ahad, (20/8/2023) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Krisis iklim merupakan salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi dunia saat ini. Perubahan iklim berpotensi menyebabkan kehancuran dan pengungsian yang luas. Implikasi geopolitik dari krisis iklim sangat signifikan dan luas.

Salah satu implikasi geopolitik paling langsung dari krisis iklim adalah potensi konflik. Ketika perubahan iklim menyebabkan lebih banyak peristiwa cuaca ekstrem, seperti kekeringan, banjir, dan gelombang panas, kemungkinan akan menyebabkan ketegangan yang meningkat antara negara-negara. Misalnya, negara-negara yang bergantung pada air dari sungai yang melintasi perbatasan mungkin bertikai atas akses ke air tersebut.

Baca Juga

Krisis iklim juga kemungkinan akan menyebabkan migrasi massal. Ketika permukaan laut naik dan kejadian cuaca ekstrem menjadi lebih umum, masyarakat terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mencari keselamatan. Ini bisa menyebabkan ketidakstabilan di negara-negara yang sudah berjuang untuk mengatasi populasi pengungsi yang besar.

Krisis iklim juga kemungkinan akan berdampak signifikan pada ekonomi global. Ketika peristiwa cuaca ekstrem merusak infrastruktur dan mengganggu rantai pasokan, hal itu dapat menyebabkan resesi atau bahkan depresi. Ini bisa berdampak pada negara-negara di seluruh dunia, karena mereka menjadi kurang mampu berdagang satu sama lain.

Krisis iklim merupakan masalah yang kompleks dan tidak ada solusi mudah. Namun, penting untuk memahami implikasi geopolitik dari krisis tersebut untuk mengembangkan solusi yang efektif. Komunitas internasional perlu bekerja sama untuk mengatasi krisis iklim dan mengurangi dampaknya yang negatif.

Berikut adalah beberapa contoh spesifik dari implikasi geopolitik dari krisis iklim:

Ketersediaan air

Kekurangan air sudah menjadi masalah besar di banyak bagian dunia, dan kemungkinan akan menjadi lebih buruk seiring dengan kemajuan perubahan iklim. Ini dapat menyebabkan konflik antara negara-negara yang bersaing untuk mengakses sumber daya air. Misalnya, India dan Pakistan terkunci dalam perselisihan yang sudah berlangsung lama atas Sungai Indus. Saat sungai menjadi lebih tidak menentu akibat perubahan iklim, perselisihan ini kemungkinan akan semakin memanas.

Keamanan pangan

Perubahan iklim juga kemungkinan akan berdampak signifikan pada keamanan pangan. Saat suhu naik dan kekeringan menjadi lebih umum, akan lebih sulit untuk menanam tanaman. Sehingga menyebabkan kekurangan pangan dan kenaikan harga, yang pada gilirannya dapat menyebabkan keresahan sosial. Misalnya, Perang Saudara Suriah sebagian disebabkan oleh kekeringan yang parah yang menyebabkan kekurangan pangan dan kesulitan ekonomi.

Migrasi massal

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement