Selasa 22 Aug 2023 16:12 WIB

TCG Anadolu, Armada Militer Pamungkas Terbaru Turki di Laut

TCG Anadolu adalah kapal induk pesawat tempur tak berawak.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Kapal induk militer (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Saurabh Das
Kapal induk militer (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TCG Anadolu adalah kapal perang serbu amfibi dengan dock pendaratan helikopter (LHD) Angkatan Laut Turki yang dapat dikonfigurasi sebagai kapal induk ringan. Ini adalah kapal pertama dari kelasnya dan sedang dibangun oleh Galangan Kapal Sedef di Istanbul.

Anadolu dijadwalkan akan diresmikan pada tahun 2023. TCG Anadolu adalah kapal perang pertama di mana helikopter dan drone terbesar dan terberat dapat mendarat dan lepas landas.

Baca Juga

"TCG Anadolu adalah kapal induk UCAV (pesawat tempur tak berawak) pertama di dunia. UCAV Bayraktar TB-3 kami, jet tempur tak berawak Kızılelma, dan pesawat serang ringan HÜRJET akan dapat lepas landas dan mendarat di kapal ini. Selain itu, berkat tank dan kendaraan serbu amfibi lapis baja yang dibawanya, kapal ini memiliki fitur yang memungkinkan kami melakukan operasi militer dan operasi kemanusiaan di setiap sudut dunia bila diperlukan," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan seperti dikutip Defence Turkey, Selasa (22/8/2023).

Anadolu merupakan kapal besar dengan bobot perpindahan 27.000 ton. Panjangnya 232 meter dan lebarnya 32 meter. Kapal ini memiliki kecepatan tertinggi 21 knot dan jangkauan 9.000 mil laut.

Anadolu dirancang untuk membawa hingga 12 jet tempur F-35B Lightning II, serta helikopter dan pesawat VTOL (Vertical Take-Off and Landing). Kapal ini juga memiliki palka yang dapat menampung dua landing craft atau kapal pendarat. Serta dilengkapi dengan berbagai senjata dan sensor, termasuk meriam 76mm, dua meriam 25mm, dan sistem rudal pertahanan udara Sea Sparrow.

Kapal ini juga memiliki sistem radar yang dapat melacak beberapa target secara simultan atau bersamaan. Anadolu adalah tambahan kekuatan signifikan bagi Angkatan Laut Turki. Kapal ini akan menjadi kapal Turki pertama yang dapat mengoperasikan jet tempur F-35B, dan meningkatkan kapabilitas Angkatan Laut dalam memproyeksikan kekuatannya.

Sejak tahap perencanaan TGC Anadolu telah menjadi kontroversial. Beberapa kritikus berpendapat kapal ini terlalu mahal dan lebih baik dananya dihabiskan untuk aset militer lainnya. Sementara pengamat yang lain berpendapat TCG Anadolu tidak diperlukan, karena Angkatan Laut Turki sudah memiliki sejumlah kapal serbu amfibi.

Terlepas dari kontroversi, Anadolu merupakan proyek penting Angkatan Laut Turki. Kapal adalah simbol kekuatan militer Turki  dan ambisinya untuk menjadi kekuatan regional.

Berikut adalah beberapa fitur kunci dari KRI Anadolu LHD:

- Dock Helikopter (LHD)

- Bobot perpindahan 27.000 ton

- Panjang: 232 meter

- Lebar: 32 meter

- Kecepatan tertinggi: 21 knot

- Jangkauan: 9.000 mil laut

- Dapat membawa hingga 12 jet tempur F-35B Lightning II

- Juga memiliki palka yang dapat menampung dua kapal pendarat

- Dilengkapi dengan berbagai senjata dan sensor, termasuk meriam 76mm, dua meriam 25mm, dan sistem rudal pertahanan udara Sea Sparrow

- Sistem radar yang dapat melacak beberapa target secara simultan

- Kapal Turki pertama yang dapat mengoperasikan jet tempur F-35B. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement