Selasa 22 Aug 2023 16:42 WIB

Jet Tempur Rusia Hantam Kapal Pengintai Ukraina di Laut Hitam

Kapal itu berlayar di dekat fasilitas produksi gas Rusia ketika diserang.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Jet tempur Sukhoi Su-30.  Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-30 telah menghancurkan kapal pengintai Ukraina di Laut Hitam.
Foto: EPA-EFE/Ministry of Defence of the Russian F
Jet tempur Sukhoi Su-30. Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-30 telah menghancurkan kapal pengintai Ukraina di Laut Hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pesawat tempur Rusia telah menghancurkan kapal pengintai Ukraina di Laut Hitam. Kapal itu berlayar di dekat fasilitas produksi gas Rusia ketika diserang oleh pesawat tempur Sukhoi Su-30.

“Malam ini, awak penerbangan angkatan laut Su-30cm Armada Laut Hitam menghancurkan kapal pengintai Angkatan Bersenjata Ukraina di area fasilitas produksi gas Rusia di Laut Hitam,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, dilaporkan Aljazirah, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Kementerian Pertahanan tidak memberikan rincian mengenai jenis perahu apa yang dihancurkan, atau di mana tepatnya kejadian tersebut terjadi.

Dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat Rusia mengatakan, mereka menggagalkan serangkaian serangan drone laut Ukraina terhadap kapal perangnya di Laut Hitam. 

 Serangan dari kedua belah pihak meningkat di Laut Hitam sejak Rusia menarik diri dari perjanjian yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina secara aman melalui pusat pelayaran. Awal bulan ini, drone laut Ukraina menyerang pelabuhan utama Rusia, Novorossiysk di Laut Hitam. 

 

Serangan tersebut merusak sebuah kapal angkatan laut dan menandai pertama kalinya pelabuhan komersial Rusia menjadi target dalam perang yang telah berlangsung selama 18 bulan tersebut. Kapal Olenegorsky Gornyak milik Angkatan Laut Rusia mengalami kerusakan serius dalam serangan yang dilakukan oleh angkatan laut dan dinas keamanan Ukraina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement