Rabu 23 Aug 2023 13:30 WIB

Pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin Unggah Video Isyaratkan Berada di Afrika

Barat khawatir Wagner dapat memperluas operasinya di Afrika setelah kudeta di Niger

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin mengunggah pidato video keberadaan pertamanya sejak menghilang
Foto: Prigozhin Press Service via AP, File
Kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin mengunggah pidato video keberadaan pertamanya sejak menghilang

REPUBLIKA.CO.ID, NIAMEY -- Kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin mengunggah pidato video keberadaan pertamanya sejak menghilang seusai memimpin pemberontakan ke Moskow yang gagal pada akhir Juni lalu. Ia dikabarkan muncul dalam sebuah klip di media sosial yang menurutnya diambil di salah satu tempat di Benua Afrika.

Dalam video tersebut, yang di-posting di saluran Telegram berafiliasi dengan kelompok Wagner pada hari Senin, (21/8/2023) lalu, Prigozhin berbicara tentang membuat Rusia lebih besar di semua benua dan Afrika lebih bebas. Hal ini kemungkinan akan memperburuk kekhawatiran Barat bahwa Wagner dapat memperluas operasinya di Afrika setelah kudeta di Niger yang bernuansa anti-Barat.

Baca Juga

Prigozhin terlihat berdiri di daerah gurun dalam balutan kamuflase dengan senapan di tangannya. Di kejauhan terlihat orang-orang bersenjata dan sebuah truk pickup. Reuters tidak dapat melakukan geolokasi atau memverifikasi tanggal video tersebut.

Namun, komentar Prigozhin dan beberapa unggahan di saluran pro-Wagner menunjukkan bahwa video tersebut direkam di Afrika. "Suhunya kurang lebih 50, semuanya sesuai keinginan kami. PMC Wagner (perusahaan militer swasta) membuat Rusia lebih hebat di semua benua dan Afrika - lebih bebas," kata Prigozhin dalam video tersebut.

"Keadilan dan kebahagiaan bagi rakyat Afrika, kami membuat hidup menjadi mimpi buruk bagi ISIS dan al-Qaeda serta bandit-bandit lainnya," ujarnya.

Dia kemudian mengatakan bahwa Wagner sedang merekrut orang dan kelompoknya "akan memenuhi tugas yang telah ditetapkan." Video tersebut disertai dengan nomor telepon bagi mereka yang ingin bergabung dengan kelompok tersebut.

Wagner sudah ada di negara tetangga Niger, Mali, di mana para pejuangnya dipekerjakan pada 2021 oleh junta militer yang telah memerintahkan pasukan Prancis dan penjaga perdamaian PBB. Di mana mereka juga telah membantu tentara Mali memerangi pemberontak ekstremis selama satu dekade.

Pemantau sanksi PBB menuduh dalam sebuah laporan pada Agustus bahwa pasukan Mali dan mitra Rusia mereka menggunakan kekerasan terhadap perempuan. Mereka juga dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia berat lainnya untuk menyebarkan teror.

Wagner dan Mali membantah hal ini serta tuduhan bahwa mereka mengeksekusi sedikitnya 500 orang di sebuah desa tahun lalu.

Di Niger, di mana pasukan AS, Prancis, Jerman, dan Italia ditempatkan sebagai bagian dari upaya internasional untuk mengatasi para ekstremis, sebuah junta yang mengambil alih kekuasaan pada 26 Juli telah menggunakan retorika anti-Prancis dalam siaran-siarannya. Pemerintah militer Mali telah memberikan dukungan kepada para pemimpin kudeta Niger.

Para demonstran pro-kudeta di Niamey telah mengibarkan bendera Rusia, yang menambah kekhawatiran negara-negara Barat bahwa Niger dapat mengikuti jejak Mali, dan mengganti pasukan mereka dengan pejuang Wagner.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyerukan kembalinya tatanan konstitusional di Niger, sementara Prigozhin menyambut baik kudeta tersebut.

Video Prigozhin muncul pada malam menjelang KTT BRICS di Afrika Selatan di mana upaya oleh beberapa anggota untuk memperkuat dan mungkin memperluas blok tersebut sebagai penyeimbang bagi Barat ada dalam agenda. Putin akan mengambil bagian secara virtual, sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov diharapkan hadir secara langsung.

Masa depan Wagner dan Prigozhin belum jelas sejak ia memimpin pemberontakan singkat terhadap lembaga pertahanan Rusia pada akhir Juni. Namun Kremlin mengatakan bahwa Prigozhin dan beberapa pejuangnya--yang telah bertempur dalam beberapa pertempuran paling sengit dalam perang Ukraina--akan pergi ke Belarusia.

Sejak pemberontakan, beberapa pejuang Wagner telah pindah ke Belarusia dan mulai melatih tentara di sana. Dalam komentar yang diterbitkan pada akhir Juli, Prigozhin juga mengatakan bahwa Wagner siap untuk meningkatkan kehadirannya di Afrika.

Selain Mali, Wagner juga aktif di Republik Afrika Tengah dan Libya. Negara-negara Barat mengatakan bahwa mereka juga hadir di Sudan, meskipun mereka membantahnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement