Senin 28 Aug 2023 06:30 WIB

Lima Senapan Serbu Tercanggih Militer Amerika Serikat

Militer AS akan mengganti M4 carbine dengan senapan XM7.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Seorang prajurit Angkatan Darat AS mengarahkan senapan mesinnya selama latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat di Paju, Korea Selatan,pada 13 Januari 2023.
Foto: AP Photo/Ahn Young-joon
Seorang prajurit Angkatan Darat AS mengarahkan senapan mesinnya selama latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat di Paju, Korea Selatan,pada 13 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini militer Amerika Serikat sedang dalam proses mengganti M4 carbine dengan senapan XM7. XM7 adalah senapan serbu gas, dengan peluru magazin 6.8×51mm NATO yang dikembangkan SIG Sauer untuk Program Senjata Skuad Generasi Berikutnya.

Senapan ini merupakan senjata modular yang dapat dikonfigurasi untuk berbagai misi. Berikut adalah beberapa senapan serbu paling canggih yang saat ini digunakan oleh militer AS:

Baca Juga

1. Senapan XM7: XM7 adalah senapan serbu paling canggih di militer AS saat ini. Senapan ini menggunakan peluru 6.8×51mm NATO, yang lebih kuat dari peluru 5.56×45mm NATO yang digunakan  M4 carbine. XM7 juga memiliki laras yang lebih panjang dan handguard yang bebas mengambang, yang meningkatkan akurasi dan kinerja.

2. Senapan FN SCAR: FN SCAR adalah senapan serbu modular yang digunakan oleh Pasukan Operasi Khusus AS. Senjata ini memiliki dua kaliber, 5.56×45mm NATO dan 7.62×51mm NATO. SCAR dikenal dengan akurasi, keandalan, dan ergonominya.

3. Senapan HK416: HK416 adalah senapan serbu gas magazin yang digunakan oleh Pasukan Operasi Khusus AS dan beberapa unit konvensional. Senjata ini menggunakan peluru 5.56×45mm NATO dan rancangan dasarnya diambil dari M4 carbine. HK416 dikenal dengan keandalannya dan akurasinya.

4. Senapan SIG MCX: SIG MCX adalah senapan serbu modular yang digunakan oleh Pasukan Operasi Khusus AS. Senjata ini memiliki dua kaliber, 5.56×45mm NATO dan 7.62×51mm NATO. MCX dikenal dengan akurasi, keandalan, dan ergonominya.

5. Senapan CheyTac M200 Intervention: CheyTac M200 Intervention adalah senapan sniper bolt-action yang digunakan oleh Pasukan Operasi Khusus AS. Senapan ini menggunakan peluru .408 CheyTac, yang merupakan peluru yang sangat kuat. M200 Intervention dikenal dengan akurasi dan performa jarak jauhnya.

Lima senapan ini hanya beberapa dari senapan serbu paling canggih yang digunakan militer AS saat. Seiring dengan kemajuan teknologi, senapan serbu diperkirakan akan lebih canggih lagi di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement