Selasa 29 Aug 2023 07:04 WIB

Rusia Kirim Kereta Barang Pertama ke Arab Saudi Melalui Iran

Rute Iran ini bagian dari Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional.(INSTC).

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Kereta barang terparkir di atas rel stasiun barang di Kaliningrad, Rusia, Selasa 21 Juni 2022. ilustrasi
Foto: AP Photo
Kereta barang terparkir di atas rel stasiun barang di Kaliningrad, Rusia, Selasa 21 Juni 2022. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mengirim kereta api pertama yang membawa barang-barang komersial ke Arab Saudi melalui Iran. Kantor Berita Republik Islam (IRNA) melaporkan, ini adalah perjalanan pertama kereta Rusia melalui wilayah Iran.

IRNA mengungkapkan bahwa kereta kargo Rusia memasuki Iran untuk transit pada Sabtu (26/8/2023) melalui perbatasan Turkmenistan, Incheh-Boroun. Kereta tersebut akan menuju ke Bandar Abbas di selatan kemudin ke Arab Saudi.

Baca Juga

Direktur Jenderal Bea Cukai di Provinsi Golestan, Shahriar Shahriari mengatakan, kereta tersebut memiliki 36 gerbong dan melewati Iran sebagai bagian dari Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional (INSTC). "Rute ini akan mengurangi waktu pengiriman beberapa hari," ujar Shahriari. 

Perjanjian INSTC juga akan memungkinkan ekspor barang-barang Rusia ke Arab Saudi, sekaligus mengurangi tarif bea cukai hingga hampir setengah dari jumlah normal. Pada 21 Juni, sebuah kereta kontainer menuju Arab Saudi berangkat dari stasiun barang Chelyabinsk di Rusia. Langkah ini sebagai bagian dari Koridor Transportasi Utara-Selatan melalui Kazakhstan, Turkmenistan, dan Iran.

Duta besar Rusia untuk Riyadh menyatakan, Rusia dan Arab Saudi bermaksud untuk meningkatkan volume pertukaran perdagangan menjadi 5 miliar dolar AS. Dia menambahkan, perdagangan bilateral dan hubungan ekonomi ditandai dengan dinamika yang positif. Dia mencatat bahwa volume pertukaran perdagangan antara kedua negara berjumlah 1,6 miliar dolar AS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement