Sabtu 02 Sep 2023 11:11 WIB

Senjata Uranium AS dan Rudal Balistik Rusia Panaskan Perang Ukraina

Di paket bantuan senjata terbaru, AS akan kirimkan senjata uranium.

 Tank Abrams Angkatan Darat AS di area pelatihan militer Adazi, Latvia, 11 Juni 2016.
Foto: EPA-EFE/VALDA KALNINA
Tank Abrams Angkatan Darat AS di area pelatihan militer Adazi, Latvia, 11 Juni 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Perang di Ukraina memicu persaingan kekuatan senjata yang terus berlanjut. Rusia menyatakan rudal balistik antarbenua, Sarmat resmi akan digunakan di medan perang. Sementara, AS segera mengirimkan senjata uranium, depleted uranium munition. 

Kepala Badan Ruang Angkasa Rusia, Roscosmos menyatakan, Jumat (1/9/2023) yang dikutip kantor berita pemerintah, RIA menyatakan rudal balistik antarbenua Sarmat yang mampu membawa 10 atau lebih hulu ledak nuklir sudah diputuskan untuk digunakan. 

Baca Juga

Juni lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, rudal Sarmat segera dikerahkan untuk digunakan dalam pertempuran. Rudal ini telah diuji coba tahun lalu dan Putin menyatakan senjata tersebut akan membuat musuh-musuh Moskow berpikir ulang. 

‘’Senjata baru yang kompleks ini punya karakteristik taktis dan teknis yang sangat tinggi, bisa mengatasi perangkat pertahanan antirudal. Ini benar-benar senjata unik yang akan memperkuat kemampuan tempur pasukan kami,’’ klaim Putin saat itu seperti dilansir laman Al-Arabiya

Putin menambahkan, rudal Sarmat ini menjamin keamanan Rusia dari ancaman dari luar. Mereka yang terus melakukan retoritika menyampaikan ancamana kepada Rusia, jelas dia, mesti berpikir lagi menghadapi keandalan rudal balistik antarbenua ini. 

Secara terpisah, Pemerintah AS untuk pertama kalinya akan mengirimkan senjata kontroversial yaitu senjata uranium, yang biasa disebut depleted uranium munitions ke Ukraina. Ini terungkap dari sebuah dokumen dan konfirmasi dua pejabat AS. 

Senjata ini bisa membantu Ukraina menghancurkan tank-tank Rusia dan menjadi bagian dari janji bantuan terbaru AS. Pekan depan AS akan mengumumkan apa saja paket bantuan ini yang bertujuan memperkuat serangan balik melawan Rusia.

Senjata ini bisa ditembakkan dari tank Abram buatan AS. Diharapkan senjata uranium AS dalam beberapa pekan ke depan sudah tiba di Ukraina. Seorang pejabat AS menyatakan, paket bantuan senjata ini bernilai 240 juta hingga 375 juta dolar AS tergantung isi paketnya. 

‘’Nilai dan isi paket bantuan ini masih difinalisasi,’’ kata pejabat AS. Gedung Putih belum merespons mengenai hal ini. Tahun ini, Inggris juga sebenarnya sudah mengirimkan senjara uranium. Namun ini akan menjadi pengiriman pertama AS dan diperkiraan menuai kontroversi. 

Kontroversi mencuat saat ...

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement