Rabu 06 Sep 2023 06:15 WIB

Kartel Narkoba Susupi Industri Pisang Ekuador

Ekuador berada pada pertemuan dua perdagangan global, pisang dan kokain.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ekuador semakin berada pada pertemuan dua perdagangan global, pisang dan kokain.
Foto: AP
Ekuador semakin berada pada pertemuan dua perdagangan global, pisang dan kokain.

REPUBLIKA.CO.ID, GUAYAQUIL -- Para pria berjalan melalui perkebunan subur antara pantai Pasifik yang nyaman di Ekuador dan Andes yang megah. Mereka memotong ratusan tandan pisang hijau dari tanaman dengan tinggi dua kali lebih panjang.

Para pekerja mengangkut tandan tersebut ke jalur perakitan, tempat pisang dicuci, ditimbang, dan ditempel dengan stiker untuk pembeli Eropa. Pemilik Franklin Torres memantau semua aktivitas pada pagi hari baru-baru ini untuk memastikan buah tersebut memenuhi standar kecantikan internasional dan yang lebih penting, dikemas untuk pengiriman bebas kokain.

Baca Juga

Torres sangat waspada karena Ekuador semakin berada pada pertemuan dua perdagangan global, pisang dan kokain. Negara Amerika Selatan ini merupakan eksportir pisang terbesar di dunia, mengirimkan sekitar 7,2 ton per tahun melalui laut.

Negara ini juga terjepit di antara produsen kokain terbesar di dunia, Peru dan Kolombia. Para penyelundup narkoba menganggap kontainer berisi pisang sebagai sarana yang tepat untuk menyelundupkan produknya itu.

Infiltrasi para penyelundup narkoba ke dalam industri yang menyumbang sekitar 30 persen produksi pisang di dunia telah berkontribusi terhadap kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara yang dulunya damai ini. Penembakan, pembunuhan, penculikan dan pemerasan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, khususnya di kota pelabuhan Pasifik dan pusat pengiriman pisang di Guayaquil.

“Ini adalah tanggung jawab semua orang, orang yang mengangkutnya, orang yang membelinya, orang yang mengkonsumsinya. Mereka semua berbagi tanggung jawab. Mereka telah menghancurkan negara kita,” kata pedagang Dalia Chang yang sudah lama tinggal di Guayaquil tentang perdagangan kokain.

Ekuador bukan produsen utama kokain, tetapi sangat terguncang ketika seorang calon presiden yang dikenal karena pendiriannya yang keras terhadap kejahatan terorganisir dan korupsi Fernado Villavicencio ditembak mati pada akhir kampanye pada 9 Agustus. Dia menuduh geng Los Choneros di Ekuador dan pemimpinnya yang dipenjara yang dikaitkan dengan kartel Sinaloa Meksiko mengancam dia dan tim kampanyenya beberapa hari sebelum pembunuhan tersebut.

Selain kedekatan dengan produksi kokain, kartel dari Meksiko, Kolombia, dan Balkan telah menetap di Ekuador karena negara tersebut menggunakan dolar AS dan memiliki undang-undang dan institusi yang lemah. Wilayah ini juga memiliki jaringan geng yang sudah lama berdiri seperti Los Choneros yang menginginkan hal tersebut terus berjalan.

Ekuador menjadi terkenal dalam perdagangan kokain globa....

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement